Kamis, 21 April 2016

Bulog Terus Perkuat Stok Pangan

Kamis, 21 April 2016

Hadapi Bulan Suci Ramadan dan Lebaran

Medan, (Analisa). Meski stok beras dalam menghadapi bulan suci Ramadan dan Lebaran cukup aman, namun Badan Urusan Logistik (Bulog) terus memperkuat stok beras dan beberapa jenis pangan lainnya.

Kepala Bulog Divre I Sumut Fatah Yasin berjanji terus berupaya memperkuat ketersediaan pangan terutama menghadapi hari besar keagamaan.Karena itu masyarakat tidak perlu khawatir.

Stok beras aman hingga untuk 5 bulan ke depan atau Agustus mendatang. Tapi pembelian gabah setara beras terus dilakukan terutama saat harga pangan ini menurun.

Tak bisa dipungkiri permintaan pangan menjelang bulan puasa dan lebaran kian meningkat. Namun dengan stok cukup akan bisa memenuhi permintaan masyarakat dan mengantisipasi kenaikan harga

“Di samping itu kita juga mengimbau pemerintah kabupaten/kota di Sumut agar mempercepat penyaluran Raskin menjelang hari besar keagamaan”, pinta Fatah Yasin menjawab pers, Selasa (19/4).

Jika Raskin cepat disalurkan tentu akan cepat dinikmati para warga kurang mampu di segi sosial ekonomi terutama di bulan Ramadan dan Idulfitri 1437 H.

Dia mengatakan untuk mengantisipasi kenaikan harga pangan dalam bulan puasa dan lebaran, Bulog bekerja sama dengan instansi terkait menyerap cabai dan bawang merah hasil produksi petani.

Bahkan Bulog merubah pola pengelolaan pangan ini melalui teknologi pengolahan yaitu menjadikan cabai giling dan bawang goreng. Ini salah satu cara memperkuat stok yang bisa bertahan lama.

“Soalnya ke dua jenis bahan kebutuhansehari-hari ini jangan sampai langka di pasaran. Jika pasokan berkurang menyebabkan harga cepat melambung. Sebaliknya jika hasil produksi petani anjlok, Bulog harus cepat menyerapnya”, ujar Fatah Yasin didampingi Humas Rudy Adlin, S Sos.

RPH

Ditanya tentang persediaan daging sapi, dia mengatakan Bulog bekerja sama dengan Rumah Potong Hewan (RPH) untuk memenuhi kebutuhan daging sapi bagi masyarakat.

“Terkait ketersediaan gula pasir di Sumut, Bulog berjanji mendatang kan gula pasir lokal dari pulau Jawa. Kebutuhan gula termasuk tepung terigu menjelang hari besar keagamaan selalu meningkat. “Justru pasokannya juga harus ditingkatkan”, tambah Fatah Yasin. (bay)

http://harian.analisadaily.com/ekonomi/news/bulog-terus-perkuat-stok-pangan/231489/2016/04/21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar