Jumat, 03 Juni 2016

Menkeu Usul Koperasi Pegawai Bulog Jadi Konglomerat Pangan

Jumat, 03 Juni 2016

Metrotvnews.com, Jakarta: Istilah koperasi sebagai sokoguru perekonomian masih sangat kental digunakan di lingkungan pegawai dan pensiunan Perum Badan Urusan Logistik (Bulog).

Anak usaha BUMN tersebut berhasil mengelola koperasi pegawai dan pensiunan Perum Bulog seluruh Indonesia (Kopelindo) yang aktif hingga kini. Kegiatan simpan pinjam di Kopelindo tak seperti pada umumnya, Kopelindo juga fokus pada pinjaman untuk pembiayaan infrastruktur.

Namun, Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro berkeinginan agar Kopelindo tak hanya terpatok untuk mendorong perekonomian nasional melalui infrastruktur saja, namun juga membantu dalam mencapai kedaulatan pangan seperti yang dicita-citakan.

Hal itu diungkapkan Menkeu dalam sambutan di acara penandatanganan perjanjian antara PT Kopelindo Infrastruktur Indonesia dengan PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) tentang Kerja Sama Pembiayaan (Co-Financing) untuk Proyek Infrastruktur di Indonesia, di Hotel Santika Premier, Slipi, Jakarta Barat.

Untuk itu, dirinya usul agar koperasi ini menjadi konglomerat pangan, tak hanya melalui pembangunan infrastruktur pangan melalui irigasi, namun bisa juga melalui cara distribusi pangan guna menstabilitaskan harga pangan yang sangat fluktuatif.

Karena kalau Bulog bilang ingin jadi konglomerasi akan di-bully, karena masih ada fungsi sosialnya," kata Bambang, Jumat (3/6/2016).

Misal karena Presiden minta harga daging bisa murah, Kopelindo bisa mencari pasokan daging atau memiliki peternakan. Apalagi konsumsi daging yang masih rendah, artinya kebutuhan masih sangat tinggi. Menurut Bambang, ini merupakan bisnis yang menggiurkan dan menjanjikan. Apalagi, jika mengembangkan peternakan di NTB dan NTT, yang mana kedua daerah tersebut masih di bawah PDRB.

"Peternakan ayam sudah banyak konglomerat besar, tetapi sapi daging itu belum terdengar. Ini perlu dimanfaatkan. Apalagi sapi yang baik dikembangkan di NTB dan NTT. Jadi selain mengembangkan bisnis juga menyejahterakan masyarakat di sana," jelasnya.


(AHL)

http://ekonomi.metrotvnews.com/mikro/yKX4A3aK-menkeu-usul-koperasi-pegawai-bulog-jadi-konglomerat-pangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar