Jumat, 03 Juni 2016

Dari Mana RI Impor Bawang Merah? Ini Kata Dirut Bulog

Jumat, 03 Juni 2016

Jakarta -Perum Bulog adalah salah satu dari 3 BUMN yang ditugasi pemerintah untuk mengimpor bawang merah. Rencananya, untuk mengamankan pasokan selama puasa dan Lebaran, pemerintah menugaskan 3 BUMN mengimpor 2.500 gram.

Direktur Utama (Dirut) Bulog, Djarot Kusumayakti mengatakan, siap menjalankan tugas dari pemerintah itu. Namun, dia menolak menyebutkan dari negara mana bawang merah itu akan diimpor.

"Rahasia, ada beberapa," ujar Djarot di sela-sela rapat anggota tahunan koperasi pegawai Bulog seluruh Indonesia, di Jakarta, Jumat (3/6/2016).

Menurut Djarot, belum ada realisasi impor bawang mewah. Namun, Bulog siap jika sewaktu-waktu pemerintah memerintahkan Bulog untuk mengimpor bawang merah

"Belum ada impor, belum ada realisasi. Tapi kami siap setiap saat untuk impor apabila harga tidak terkendali, kan kita masih punya cukup waktu," kata Djarot.

Dia mengatakan, saat ini harga bawang di pasar-pasar induk mulai turun. Biasanya, penurunan ini akan diikuti pedagang eceran dalam kurun waktu 2-3 hari.

Jika harga bawang merah di tingkat pedagang turun hingga sesuai target pemerintah yaitu Rp 25.000/kg, kemungkinan tak perlu impor. Tapi, jika harga tak turun sesuai target pemerintah, maka impor dilakukan.

"Kalau harga segitu terus apa boleh buat, kan konsumen harus diamankan," kata Djarot.
(hns/feb)

http://finance.detik.com/read/2016/06/03/152129/3224921/4/dari-mana-ri-impor-bawang-merah-ini-kata-dirut-bulog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar