Senin, 20 Juni 2016

DPR RI Desak Bulog Segera Gelontorkan Subsidi Harga Pangan

Senin, 20 Juni 2016

Merahputih Nasional- Anggota Komisi IV DPR RI, Mahfudz Siddiq meminta agar Bulog segera menggelontorkan subsidi harga pasar, mengingat saat ini harga sejumlah komoditi melonjak tajam.

Kendati Bulog saat ini sedang getol menggelar Operasi Pasar (OP) murah, ia menilai hal tersebut tidak akan merubah harga komiditi pasar. "Penurunan harga tersebut kemungkinan bakal terjadi, jika Bulog memberlakukan sistem subsidi dalam jumlah yang cukup besar," paparnya kepada wartawan, di Cirebon, Minggu (19/6).

Saat ini harga daging sapi dipasaran sudah mencapai Rp120 hingga Rp130 ribu. Mahfudz juga menilai, yang sebenarnya perlu dicermati oleh pemerintah saat ini adalah tentang kenaikan harga yang terjadi saat Ramadan dan lebaran merupakan siklus tahunan.

Politisi PKS itu bilang, seharusnya presiden tak usah panik untuk menyerukan para menterinya agar menjaga ketersedian stok pangan dan menurunkan harga pangan. “Kepanikan ini bukti bahwa pemerintah saat ini tidak mengantisipasi secara sistematis,” katanya. Kenaikan harga merupakan hal yang biasa terjadi, sehingga, pemerintah tak perlu terkejut melihat situasi tersebut.

lebih lanjut, katanya jauh-jauh hari sebelum jelang Ramadan dan lebaran, seharunya pemerintah bisa menyusun formula untuk menurunkan harga pangan. “Kalau sekarang mau diturunin, sudah susah."

Ia mengakui, saat ini ketersedian pangan memang relatif terjaga, namun harga sejumlah komiditi yang minta diturunkan masih belum menemukan titik terang. (Irm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar