Senin, 28 Maret 2016

Takaran Raskin di Lebak Susut Hingga 1 Kilogram

Minggu, 27 Maret 2016

LEBAK, (NEWSmedia) - Masyarakat penerima bantuan beras miskin (raskin) mempertanyakan takaran raskin yang disalurkan, Kamis (24/3/2016) oleh Bulog Sub Divre Lebak-Pandeglang dengan ukuran 15 kilogram berkurang alias menyusut. Penyusutan takaran raskin tersebut mencapai satu kilogram.

Ahmad, Ketua RT 02/02 Kampung Lebak Saninten, Kelurahan Muara Ciujung Barat, Kecamatan Rangkasbitung mengungkapkan, meski kualitas raskin saat ini sudah cuku baik, namun ia mempertanyakan berkurangnya takaran faskin pada ukuran karung 15 kilogram. Kata Ahmad, rata-rata penyusutan takaran mencapai satu kilogram.

"Diperkirakan susutnya timbangan sisi raskin pada karung 15 kilogram karena banyak ditusuk gancu. Terlihat jelas karungnya banyak bekas tusukan. Tapi mungkin jug ada permainan timbangan dari gudang bulog, sehingga berkurang," kata Ahmad, Minggu (27/3/2016).  

Berkurangnya takaran atau isi karung raskin diketahui saat warga membantu membungkus beras raskin untuk dibagikan ke warga. Biasanya setiap kepala keluarga mendapatkan 5 liter beras, dan per 12 karung yang masing-masingnya berisi beras 15 kilogram, bisa dibagi untuk 48 kepala keluarga. Namun kali ini hanya mendapatkan 43 kantong

"Untuk membuktikan benar tidaknya ada 15 kilogram, saya dan warga menimbang bebearapa karung yang masih utuh, dan memang rata-rata perkarungnya susut setengah sampai satu kilogram. Kalau benar full 15 kilohram biasanya dapat 48 sampai 49 bungkus, tapi karena isi timbangan kurang, hanya dapat 43 bungkus," ujarnya.

Ahmad menduga penyusutan isi raskin pada karung ukuran 15 kilogram tersebut, sudah lama terjadi. "Kami berharap ke depan tidak ada lagi raskin yang takarannya menyusut, sehingga pembagian ke warga penerima manfaat bisa merata dan adil," ujar Ahmad.

Sementara itu, Kepala Bulog Sub Divre Lebak-Pandeglang, Lukman membantah ada penyusuran pada isi raskin tahun 2016.

"Saya baru mendengar. Di kecamatan mana itu terjadi penyusutan, dan tanggung jawab bulog hanya sampai ke titik distribusi, yakni desa atau kelurahan. Selama masyarakat dan petugas raskin di desa/kelurahan tidak mengeluh, artinya itu baik baik saja," kilah Lukman.(Gun/01)

http://newsmedia.co.id/takaran-raskin-di-lebak-susut-hingga-1-kilogram/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar