Sabtu, 26 Maret 2016

Menko Darmin Ingin Bulog Beli Gabah Bukan Beras

Jum'at, 25 Maret 2016

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution hari ini menggelar rapat bersama Bulog untuk membahas pangan. Rapat koordinasi ini dilakukan mengingat beberapa daerah di Indonesia telah memasuki musim panen.

"Kita mengevaluasi seperti apa ini. Apakah ini karena musim hujan lalu petani berani ramai-ramai jual hasil panennya apa karena over produksi," kata Darmin saat ditemui di kantornya, Kamis (24/3/2016) malam.

Darmin memperkirakan, saat ini total hasil panen raya di Indonesia melebihi total panen pada periode yang sama tahun lalu. Untuk itu, Darmin menegaskan kepada Bulog agar tidak kecolongan dalam membeli gabah langsung kepada petani.

"Dari angka yang ada saya kira sedikit berada di atas periode yang sama tahun lalu. Sehingga pada waktu panen di musim hujan Bulog siap untuk beli gabah, bukan beras. Kalau beras kita mudah untuk membelinya. Tapi gabah ini," ungkap Darmin.

Darmin pun mengharapkan agar Bulog tak kalah dengan para tengkulak dalam membeli gabah dengan para petani. Sehingga, harga beras dapat tetap normal pada saat panen raya. "Kita mau Bulog dapat membeli gabah dari petani. Sehingga NTP (Nilai Tukar Petani)-nya meningkat," tandasnya.

(mrt)
http://economy.okezone.com/read/2016/03/25/320/1345470/menko-darmin-ingin-bulog-beli-gabah-bukan-beras

Tidak ada komentar:

Posting Komentar