Kamis, 06 Oktober 2016

Irman Gusman Akui Ajukan Nama Istri Rekanan Bulog

RABU, 05 OKTOBER 2016

TEMPO.CO, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi kembali menjadwalkan pemeriksaan terhadap bekas Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman, hari ini, Rabu, 5 Oktober 2016. Kali ini Irman diperiksa sebagai saksi untuk Direktur CV Semesta Berjaya Xaveriandy Sutanto dalam perkara penambahan kuota impor gula.

Irman tiba di gedung KPK pukul 10.25 WIB. Memakai rompi oranye, Irman turun dari mobil tahanan dengan pengawalan. "Seperti yang saya katakan bahwa saya menelepon Bulog karena ada krisis gula di Sumatera Barat," kata Irman di KPK.

Irman diduga mempengaruhi Bulog agar menambah kuota gula impor di Sumatera Barat. Irman juga diduga menawarkan CV Semesta Berjaya untuk menjadi mitra Bulog dalam pendistribusian gula.

Irman tak membantah telah mengajukan Memi, istri Xaveriandy, untuk menjadi mitra Bulog. "Dia tanya, siapa mitranya. Yang saya kenal ya Memi, karena dia yang tahu soal krisis gula itu, soal kekurangan pasokan," ucapnya.

Menurut Irman, ia hanya melakukan kewajibannya sebagai wakil rakyat Sumatera Barat untuk membantu daerahnya yang mengalami krisis gula. Terbukti, ujar dia, setelah Bulog melakukan operasi pasar, harga gula di Sumatera Barat turun dari Rp 16 ribu menjadi Rp 14 ribu.

Selain menjadwalkan pemeriksaan Irman, hari ini KPK menjadwalkan pemeriksaan terhadap istri Irman, Liestyana Rizal Gusman. Sebelumnya, KPK pernah menjadwalkan pemeriksaan terhadap Liestyana, tapi dia tak hadir karena sakit. Sama seperti Irman, ia juga diperiksa sebagai saksi untuk Xaveriandy.

Memi dan Xaveriandy pun menjalani pemeriksaan. Keduanya hari ini diperiksa sebagai tersangka.

MAYA AYU PUSPITASARI
https://m.tempo.co/read/news/2016/10/05/063809720/irman-gusman-akui-ajukan-nama-istri-rekanan-bulog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar