Rabu, 26 Oktober 2016

Atasi Penimbunan Bahan Pokok, Ahok Sinergikan Bulog dengan Tiga Perusahaan BUMD

Selasa, 25 Oktober 2016

Menurut Ahok, hingga kini, masih terjadi aksi penimbunan bahan pokok oleh beberapa oknum hingga berdampak pada harga bahan pokok yang melonjak signifikan.


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Atasi penimbunan bahan pokok, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), akan memperluas kerja sama distribusi dari Bulog ke distributor yang melibatkan tiga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yakni Food Station, Darma Jaya, dan PD Pasar Jaya.
Pasalnya menurut Ahok, hingga kini, masih terjadi aksi penimbunan bahan pokok oleh beberapa oknum hingga berdampak pada harga bahan pokok yang melonjak signifikan.
"Kenapa bisa menjaga harga beras begitu stabil, karena kami didukung penuh oleh Bulog. Nah sekarang kami gabung. Sekarang untuk distribusi kami punya Food Station, Darma Jaya, Pasar Jaya, dan Bulog," ungkap Ahok di Kantor Balai Kota Jakarta, Selasa (25/10).
Ahok mengharapkan, dengan adanya upaya antisipasi ini, dirinya berharap, tidak ada lagi oknum pedagang yang melakukan penimbunan. Kendati demikian, bila oknum pedagang tetap nekad melakukan penimbunan, Ahok mengaku resiko kerugian akan mengancam.
"Jadi kita harapkan gak ada pedagang yang nekat nimbun barang. Kalau dia nekat nimbun barang pasti dia rugi. Uang kami cukup, stok kami cukup, jaringan distribusi kami cukup," ujarnya.
Pada kesempatan yang sama, Dirut Bulog, Djarot Kusumayakti menyebut, Bulog sudah menyiapkan 75.000 ton beras untuk didistribusikan ke tiga perusahaan tersebut sebagai persediaan hingga bulan Maret 2017 mendatang. Jumlah tersebut diyakini akan cukup memenuhi kebutuhan warga DKI Jakarta, meskipun ancaman permainan oknum nakal yang kerap melakukan penimbunan terus membayangi.
"Perkiraan sampai bulan Maret, belum tentu 75.000 ton habis. Maksimum yang ada sesuai hitungan kita 75.000 ton mampu meredam gejolak. Tapi kalau semua tidak melakukan spekulasi (penimbunan) saya kira gak sampai segitu. Intinya kalau ada yang main-main, kami siap 75.000 ton," jelasnya.


http://www.jitunews.com/read/46600/atasi-penimbunan-bahan-pokok-ahok-sinergikan-bulog-dengan-tiga-perusahaan-bumd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar