Kamis, 27 Oktober 2016

Djarot Titipkan Permintaan Irman ke Bulog Sumbar

Rabu, 26 Oktober 2016


Jakarta, GATRAnews - Direktur Utama Bulog Djarot Kusumayakti meminta Benhur dari Bulog Divisi Regional Sumbar agar memberikan kuota pendistribusian gula impor kepada CV Semesta Berjaya. "Saudara Djarot kemudian berkomunikasi dengan Benhur, pada intinya Djarot menyampaikan ada titipan dari pemohon [Irman] namanya Memi agar mendapat jatah untuk mendistribusikan gula untuk wilayah Sumatera Barat."

Hal itu diungkapkan Indra Matong Batti, kuasa hukum KPK, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, membacakan tanggapan permohonan praperadilan Irman. Benhur kemudian melaporkan kepada Djarot, bahwa Memi meminta kuota pendistribusian gula impor sebesar 3000 ton untuk wilayah Sumbar.

Masih pada bulan Juli 2016, Memi menyampaikan kepada Xaveriandy, bahwa Irman bisa membantu menghubungi kepala Kejaksaan Tinggi Sumbar untuk menanyakan kasus yang membelit Xaveriandy.

Tim kuasa hukum KPK, menyebut Irman Gusman saat menjabat ketua DPD RI merekomendasian CV Semesta Berjaya (SB) kepada Direktur Utama Bulog, Djarot Kusumayakti, agar perusahaan ini mendapatkan kuota distribusi gula impor untuk wilyah Sumatera Barat.

"Masih di bulan Juli 2016, pemohon [Irman Gusman] berkomunikasi dengan Djarot yang pada intinya, pemohon merekomendasikan CV Semesta Berjaya kepada Djarot untuk mendapat kuota dalam mendistribusikan gula di Sumatera Barat," kata Indra.

Irman merekomendasikan CV Semesta Berjaya yang dipimpin Xaveriandy Sutanto setelah Memi, istri Sutanto, meminta Irman yang berasal dari Sumbar membantu agar wilayahnya mendapatkan jatah gula impor. Memi menyampaikan permintaan tersebut di rumah dinas Irman.

Menurut Memi, Irman yang saat itu menjabat Ketua DPD RI, bisa menghubungi pihak Bulog sehingga permintaan gula untuk Sumbar bisa terpenuhi. Selain itu, Memi meminta Irman membantu agar perusahannya menjadi rekan Bulog karena banyak persyaratan yang sulit dipenuhi.

http://www.gatra.com/hukum/223923-djarot-titipkan-permintaan-irman-ke-bulog-sumbar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar