Jumat, 14 Oktober 2016

Bulog Bersiap Borong Cabai

Jum'at, 14 Oktober 2016

BADAN Urusan Logistik (Bulog) Sumatra Utara (Sumut) bersiap membeli cabai merah menyusul semakin mahalnya harga cabai merah di pasar. Seperti diketahui, harga cabai merah di Sumut melambung hingga mencapai Rp85 ribu-Rp90 ribu per kg. Bahkan, di sejumlah pasar di Kota Medan, Sumut, harga cabai merah hampir menyentuh angka Rp100 ribu per kg.
Padahal, harga cabai di petani sekitar Rp56 ribu per kg.

"Kami siap menampung cabai merah petani seperti di Tanah Karo dengan harga wajar untuk stok operasi pasar (OP)," kata Humas Bulog Divre I Sumut Rudy Adlin di Medan, Kamis (13/10). Dia menjelaskan, pekan silam Bulog menggelar operasi pasar (OP) cabai merah dengan harga Rp40 ribu per kg. Pedagang sayur-mayur di pasar Sei Sikambing Medan, Siringoringo, mengakui penjualan eceran cabai Rp10 ribu per ons.

Tingginya harga cabai juga terjadi di sejumlah daerah. Seperti di Pekanbaru, Riau, yang mencapai Rp80 ribu per kg, di Bengkulu mencapai Rp70 ribu per kg, dan di Kota Padang, Sumatra Barat, Rp60 ribu per kg. Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Tanaman Pangan Sumbar Yustiadi menjelaskan, sekitar 60% produksi cabai Sumbar dikirim ke beberapa daerah, khususnya Riau. Menurut dia, hal itu disebabkan para tengkulak yang memborong cabai langsung ke petani. "Selisih harga ada sekitar Rp5.000-Rp10.000 per kg."

http://www.mediaindonesia.com/news/read/72062/bulog-bersiap-borong-cabai/2016-10-14

Tidak ada komentar:

Posting Komentar