Selasa, 17 Mei 2016

Bawang Merah di Pasar Rp50 Ribu, Kementan-Bulog Jual Rp25 Ribu

Senin, 16 Mei 2016
 

JAKARTA (Pos Kota) – Akibat melonjaknya harga bawang merah akhir-akhir ini Kementerian Pertanian (Kementan) bekerja sama dengan Perum Bulog melakukan operasi pasar. Operasi pasar akan dilaksanakan terus hingga menjelang Lebaran.

“Di pasaran harga bawang merah saat ini sudah berkisar Rp 40 ribu sampai Rp 50 ribu. Kami, Kementan-Bulog, melakukan operasi pasar dengan harga Rp 25 ribu per kilogram,” kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat melepas truk operasi pasar di gudang Bulog Kelapa Gading, Senin.

Menurut Mentan, Bulog telah membeli sekitar 300 ribu ton bawang untuk melakukan operasi pasar. Saat ini yang telah ada di gudang Kelapa Gading sekitar 140 ribu ton. Setiap hari bawang ini akan digelontorkan ke pasar  untuk menjaga harganya  tetap stabil hingga Idul Fitri nanti.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Spudnik Sudjono Kamino mengungkapkan, bawang tersebut nantinya akan dijual seharga maksimal Rp 25.000/kg. Baik pada konsumen akhir maupun pada pedagang pasar.

Perum Bulog melakukan penyimpanan di gudang Kelapa Gading untuk mengintervensi pasar saat harga melonjak.  Tiap hari  Bulog akan menggelontorkan ratusan ton ke sejumlah pasar terutama Pasar induk kramat Jati.

“Saya hitung  dengan 12.600 ton saja sudah cukup sampai Lebaran. Di Pasar Induk (Kramat Jati) kita kirim 20 truk setiap hari, Pasar Induk Tanah Tinggi dan Cibitung 10 truk sehari, dan pasar lain di Jawa Barat dan Banten,” jelas Spudnik.

Menurut dia, stok bawang yang ada saat ini merupakan bawang asal Malang, Jawa Timur. Ukuran bawang ini relatif lebih besar dibanding bawang asal Brebes. (Faisal/win)

http://poskotanews.com/2016/05/16/bawang-merah-di-pasar-rp50-ribu-kementan-bulog-jual-rp25-ribu/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar