Rabu, 25 Mei 2016

20 Hektar Sawah Hasil Kerjasama Bulog Merauke Mulai Panen

Selasa, 24 Mei 2016


Merauke, Jubi – Lahan on farm- kemitraan MKO Perum Bulog Sub Divre Merauke bersama petani di Kampung Yabamaru, Distrik Tanah Miring seluas 20 hektar, sudah mulai dipanen  menggunakan harvester combain. Itu adalah strategi yang dilakukan agar bisa membantu pencapaian target pembelian beras tahun ini sebanyak 30.000 ton.

Kepala Perum Bulog  Provinsi Papua dan Papua Barat, M. Attar Rizal kepada sejumlah wartawan di Kampung Yabamaru Selasa (24/5/2016) mengungkapkan, pihaknya berterimakasih kepada petani setempat, karena telah bergandengan tangan bersama Bulog Sub Divre Merauke membuka lahan seluas 20 hektar beberapa bulan lalu sekaligus ditanami padi dan kini mulai dipanen.

“Ya, tentu ini menjadi langkah awal yang baik bagi kita semua untuk tahun-tahun mendatang. Tentunya pembukaan lahan akan lebih luas lagi dilakukan, agar bisa saling mendukung,” katanya.

Lebih lanjut Rizal mengaku, pihaknya optimis target pembelian beras sebanyak 30.000 ton tahun ini, akan tercapai. Karena melihat  musim tanam pertama, hasilnya sangat bagus. “Kita akan terus membangun komunikasi bersama pemerintah bersama masyarakat agar pembukaan lahan  musim tanam kedua, secepatnya dilakukan,” tuturnya.

Diakui jika kegiatan panen secara serempak sedang dilakukan. Tentunya petani juga berusaha melakukan pengeringan gabah, sekaligus menjual agar mendapatkan uang. Sehingga menjadi modal pada musim tanam berikut. Prinsipnya, Bulog selalu memberikan dukungan atau motivasi kepada petani.

Ditambahkan, pembelian beras yang dilakukan, melalui kurang lebih 19 mitra kerja. Belum lagi  satker yang diterjunkan Bulog melakukan pembelian gabah maupun beras dari petani. Sehingga target yang diinginkan dan diharapkan, dapat tercapai.

Kepala Kampung Yabamaru, Eko Edi Wibowo menambahkan, para petani sedang melakukan panen. “Panen menggunakan harvester combain, dilakukan setiap hari untuk mengejar agar gabah segera dikeringkan dan digiling,” tuturnya.

Wibowo mengaku, meskipun hasil panen tidak terlalu menggembirakan seperti tahun kemarin, tetapi petani tetap berkomitmen menyiapkan lahan untuk musim tanam kedua nanti.  (*)

http://tabloidjubi.com/2016/05/24/20-hektar-sawah-hasil-kerjasama-bulog-merauke-mulai-panen/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar