Kamis, 02 Juli 2015

Merica Palsu Banyak Beredar

2 Juli 2015

KAJEN – Memasuki bulan suci Ramadan, merica palsu banyak beredar di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Pekalongan. Petugas dari Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UMKM Kabupaten Pekalongan menemukan merica palsu yang dijual para pedagang di sejumlah pasar tradisional seperti Pasar Bligo, Doro, dan Wiradesa.

Merica-merica palsu tersebut berbentuk bulatan kecil menyerupai aslinya. Jika dilihat secara kasat mata, merica-merica ini sulit dibedakan dari yang asli. Namun jika diamati secara detail, merica yang palsu bisa dikenali. Butirannya tidak berserat dan bentuknya kasar. Selain itu, jika dimasukkan ke air, merica palsu akan mudah pecah dan air akan keruh. “Saat menggelar razia beberapa waktu lalu, di sejumlah pasar petugas menyita sejumlah merica yang diduga palsu di Pasar Bligo, Doro, dan Wiradesa,” ujar Kabid Perdagangan Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Pekalongan Agus Dwi Nugroho. Sita Sampel Dia menyatakan telah menyita sejumlah sampel untuk diuji di laboratorium agar mengetahui kandungan di dalamnya dan melakukan pembinaan kepada pedagang maupun konsumen. “Kami telah memberikan pembinaan kepada pedagang maupun petugas pasar serta masyarakat agar tidak mudah tergiur barang-barang murah tanpa mengetahui kualitas barangnya,” katanya.

Kasi Perlindungan Konsumen Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Pekalongan Dewi Fabanyo mengatakan, berdasarkan informasi dari pedagang merica palsu ini didapat dari seorang penawar barang dengan harga Rp 180.000/kg dan dijual kembali dengan harga Rp 200.000/kg. “Merica palsu sangat merugikan masyarakat. Apalagi jika sampai dikonsumsi. Untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan menjadi konsumen cerdas itu penting,” paparnya.

Sementara itu, Kasat Intel Polres Pekalongan AKP Simatupang mengatakan masih mendalami temuan itu. Untuk menghindari hal tidak diinginkan, dia juga terus melakukan pengawasan ke sejumlah pasar tradisional. “Kami minta kepada masyarakat ataupun pedagang langsung melapor jika mengetahui temuan merica palsu. Kami tidak akan segan-segan memberikan sanksi tegas kepada seseorang yang dengan sengaja melakukan penipuan dan merugikan orang lain. Ada sebaiknya kalau tidak ingin berurusan dengan polisi jalankanlah usaha yang baik,” tegasnya. (H79-60)

http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/merica-palsu-banyak-beredar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar