Sabtu, 25 Juli 2015

Harga Bahan Pokok Turun

Sabtu, 25 Juli 2015

Pasokan Kembali Normal Seusai Arus Balik

JAKARTA, KOMPAS — Harga sejumlah bahan pokok dan sayuran setelah Lebaran berangsur turun. Di tingkat grosir dan pengecer, harga bawang merah, bawang putih, dan cabai turun Rp 5.000-Rp 30.000 per kilogram. Proses distribusi yang menuju normal mendukung peningkatan pasokan.

Suasana Pasar Induk Cipinang, Jakarta, pada Jumat (24/7) masih sepi. Sebagian besar kios masih tutup, tetapi sudah ada kegiatan bongkar muat beras dari empat truk yang diparkir di pasar itu.

Kepala Pasar Induk Beras Cipinang Eri Muhtarsyid mengatakan, pekan depan aktivitas sudah mulai normal. Pasokan akan bertambah karena permintaan warga Jakarta yang kembali dari mudik juga meningkat.

Menurut dia, permintaan terhadap beras sepekan sebelum dan sesudah Lebaran sangat minim karena para pelanggan ikut mudik.

"Walaupun aktivitasnya belum normal, stok beras aman," ujar Eri. Ia menambahkan, harga beras di tingkat pengecer tidak akan melonjak karena harga beras di pasar induk stabil.

Hingga Kamis lalu, pasokan beras tersedia 39.147 ton. Tambahan pasokan seiring dengan selesainya arus mudik dan arus balik diperkirakan mencapai 5.000 ton per hari. Selama puasa lalu, pasokan beras hanya sekitar 1.000 ton per hari.

Dari pantauan Kompas di Perusahaan Daerah (PD) Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, harga cabai rawit merah turun dari Rp 45.000 per kg sebelum Lebaran menjadi Rp 32.000 per kg. Harga cabai merah keriting turun tajam dari Rp 40.000 per kg menjadi Rp 17.000 per kg.

Turun bertahap

Berdasarkan data PD Pasar Induk Kramatjati, harga turun secara bertahap sejak sehari setelah Lebaran. Harga rata-rata cabai rawit merah turun dari Rp 44.000 per kg sebelum Lebaran menjadi Rp 35.750 per kg saat ini.

Radit Syarifuddin (32), pedagang cabai, mengakui adanya peningkatan pasokan. "Saat puasa sampai sebelum Lebaran, saya hanya punya stok 100 kg paling banyak, sekarang bisa sampai 500 kg," katanya.

Kondisi yang sama terjadi di Pasar Inpres Senen Jaya, Jakarta Pusat. Aktivitas jual beli di lantai dua yang menjual bahan kebutuhan pokok kembali normal.

Meski beberapa los masih tutup, ada puluhan pembeli yang datang untuk berbelanja.

Meski demikian, di daerah terpantau harga komoditas belum stabil. Di Pasar Tradisional Peunayong, Banda Aceh, misalnya, harga cabai merah bahkan naik dalam dua hari ini. Harganya rata-rata dari Rp 28.000 per kg menjadi Rp 35.000 per kg.

(B05/B08/B09/DRI)

http://epaper1.kompas.com/kompas/books/150725kompas/#/15/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar