Selasa, 28 Juli 2015

Bulog Siap Serap Gabah Petani

Selasa,28 Juli 2015

JAKARTA (SK) – Menteri Pertanian Amran Nasution menyatakan, Bulog siap menyerap gabah petani berapa pun banyaknya. Apalagi Presiden baru saja menambah anggaran kepada BUMN pangan tersebut sebesar Rp3 triliun untuk pembelian gabah petani melalui Penyertaan Modal Negara, selain dana yang sudah dimiliki Bulog saat ini Rp30 triliun.

Menurut Amran, Bulog diharapkan mampu menyerap gabah petani sebesar 500.000 ton khusus untuk Jawa Tengah, Jatim 500.000 ton, Jabar 250.000 ton dan Sulsel 500.000 ton.

”Dengan penyerapan itu kita pastikan tahun ini tidak akan ada impor beras,” katanya.

Saat ini pemerintah menetapkan harga pembelian padi dan beras oleh Bulog untuk gabah kering panen (GKP) sebesar Rp3.700 per kg, gabah kering giling (GKG) Rp4.600 per kg, dan beras Rp7.300 per kg.

”Produksi terbesar kedua Oktober-Maret (secara nasional) yaitu Jateng termasuk Klaten. Saya minta petani serahkan hasil panennya ke Bulog, minimal 20 persen,” katanya.

Kadrive Bulog Jawa Tengah Usep Karyana yang juga menghadiri panen perdana tersebut menungkapkan, saat ini pihaknya sudah ada 200 mitra seperti dari gabungan kelompok tani (Gapoktan), koperasi unit desa (KUD), Perpadi, Pengusaha/Pedagang beras.

”Kami siap beli gabah petani melalui mitra-mitra kami tersebut. Sangat mudah sekali. Hanya butuh surat rekomendasi dari pemda setempat. Semata-mata untuk ketahanan pangan. Ini untuk mempermudah menambah mitra supaya lebih dekat dengan petani,” katanya.

Sekitar 382 hektar tanaman padi di Kabupaten Langkat Sumatera Utara yang tersebar pada tiga kecamatan mengalami kekeringan akibat musim kemarau.

”Kondisi ini perlu mendapat perhatian khusus untuk mengatasinya agar kekeringan tidak melanda kecamatan lainnya,” kata Kordinator Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman pada Dinas Pertanian Kabupaten Langkat Miswandi di Stabat.

Adapun tiga kecamatan itu adalah Pematang Jaya seluas 256 hektare meliputi Desa Salahaji 124 hektare dan Serang Jaya 132 hektare, dengan umur tanaman 15-21 hari, dari jenis tanaman padi Ciherang. (ags)

http://www.suarakarya.id/2015/07/28/bulog-siap-serap-gabah-petani.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar