Selasa, 09 Agustus 2016

Mendag: Tak Ada Alasan Bulog Tidak Ada Uang Serap Gabah Petani

Senin, 08 Agustus 2016

Jakarta -Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita, menjamin pembelian gabah dari petani bakal diserap lewat Perum Bulog. Jaminan ini dilakukan sebagai kepastian harga atas gabah petani sekaligus memastikan stok tercukupi.

"Kita tidak usah ada kekhawatiran akan ketersediaan stok karena mereka (petani) juga terjamin, sehingga pada masa panen berikutnya, petani akan semangat untuk menanam padi dan produksi akan meningkat," kata Enggar, di Kementerian Pertanian (Kementan), Jakarta, Senin (8/8/2016).

Enggar melanjutkan, dari hasil pertemuannya dengan Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman, dirinya memastikan Bulog bisa menyerap berapa pun produksi petani. Tak ada alasan lagi BUMN pangan tersebut berasalan kesulitan keuangan saat membeli gabah petani.

"Kami menyepakati seluruh produksi yang dihasilkan petani dan peternak berapa pun akan diserap. Yang akan melakukan intervensi pasar untuk mengambil dan membeli beberapa komoditi utama, Bulog mendapatkan penugasan," ujar Enggar.

"Tidak ada alasan Bulog tidak ada uang, karena berapa pun yang dibutuhkan akan kita siapkan. Dari arus uangnya maka saya kira akan mencukupi dengan tidak terlau banyak. Sehingga akan ada jaminan kepada petani bahwa seluruh produksinya akan terserap," imbuh Enggar.
(wdl/wdl)

http://finance.detik.com/read/2016/08/08/130024/3270616/4/mendag-tak-ada-alasan-bulog-tidak-ada-uang-serap-gabah-petani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar