Senin, 15 Agustus 2016

Bulog Diminta Serap Habis Hasil Panen Petani

INDOPOS.CO.ID – Untuk menyerap habis hasil panen dari petani, Perum Bulog dimodali dana Rp 30 triliun. Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti tidak ada masalah. Sejak awal dirinya siap menjalankan amanat dari pemerintah. “Itu mah masalah gampang, dana segitu,” kata Djarot dalam rilis, kemarin.

Mantan direktur BRI itu juga mengatakan, jika dana kurang, maka akan dicari lewat pinjaman. “Hari ini (Bulog) belum ada dana segitu. Tapi kalau misalnya dibutuhkan Rp 30 triliun asal ini penugasan masalah kecil. Ndak perlu segitunya (menerbitkan obligasi),” ucapnya santai.

Djarot mengatakan, skema penyerapannya adalah nantinya Bulog akan serap sesuai dengan ketentuan. Mekanisme itu dilakukan dalam rangka membantu mengamankan petani, apabila harga ditingkat petani jatuh di bawah floor price maka bulog akan ambil. Namun jika harga berada diatas harga petani artinya petani sudah untung. “Artinya kalau nanti ada shortage di lapangan, bulog tidak boleh menjual sehingga harga di atas ceiling price,” tandas dia.

Dia juga mengatakan pemerintah telah menetapkan harga minimal,selling price, dan Harga Pembelian Pemerintah (HPP). Penyerapan dilakukan untuk membantu petani. Dengan demikian pembelian dilakukan ketika harga jatuh di bawah floor price. ”Lalu, ketika harga sudah di atas floor price, petani kan sudah mendapatkan untung,” ujar Djarot.

Selain pencarian dana Rp 30 T, Perum Bulog mendapat tugas untuk mengimpor daging kerbau asal India. Sesuai rencana dari kuota impor 10.000 ton, daging kerbau impor tahap pertama akan tiba pada minggu keempat bulan ini.

Dia mengatakan, daging kerbau tersebut nantinya akan dijual Bulog ke pedagang pada kisaran harga Rp 50.000/kg. “Harganya masuk ke sini kisaran Rp 50.000/kg, tapi kan waktu menggerakkan itu ke masyarakat tentu kan butuh margin yah, berapa marginnya? Itu yang harus dinegosiasikan,” bebernya.

Dia melanjutkan, harga tersebut akan naik lagi ketika sampai di pedagang pasar yang ikut mendistribusikan daging kerbau India dari Bulog sebagai selisih margin.

“Kalau mereka butuh margin yah jualnya Rp 60.000/kg, Rp 61.000/kg. Nah ini yang harus dinegosiasikan supaya pedagang nggak ambil untung terlalu besar,” pungkasnya. (ers)

1 komentar:

  1. Nama saya Rafif Apriani, saya membaca sebuah kisah tentang bagaimana ibu Yanti Ari meminjam dari PINJAMAN KEPERCAYAAN GARANSI dengan bantuan perancang busana terkenal DIAN PELANGI. Dalam ceritanya dia menceritakan bagaimana dia kehilangan banyak uang (Rp28.000.000,00) kepada pemberi pinjaman yang buruk karena dia membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan usahanya.
    Dia juga menceritakan bagaimana dia menghubungi Dian Pelangi yang menginstruksikannya untuk menghubungi Nyonya Ana Micheal dari PINJAMAN KEPERCAYAAN dan itulah bagaimana dia meminjam pinjaman yang dia butuhkan untuk meningkatkan bisnisnya. Jadi saya melihat kisah ibu Yanti Ari dengan detailnya, rincian Dian Pelangi dan Nyonya Ana Michael dari PINJAMAN KEPERCAYAAN yang mereka pinjam.

    Rincian Dian Pelangi :: email: (DIANPELANGIINDONESIA@GMAIL.COM)
    dia tinggal di Jakarta.
    Rincian Ibu Yanti Ari :: Nomor Teleponnya: +62 821-1644-0184
    Nomor Whatsapp: +62 821-1644-0184
    dia tinggal di Kota Medan, emailnya: ARIY6261@GMAIL.COM
    Dan akhirnya perusahaan pinjaman asli yang saya inginkan siapa pun yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi karena saya sekarang adalah saksi yang hidup dan semoga allah selalu memberkati hari saya menghubungi mereka.
    Nama perusahaan: PINJAMAN TRUST GUARNATY, alamat email: (ANAMICHAELGUARANTYTRUSTLOANS@GMAIL.COM)

    Ketika saya menghubungi ibu yanti, dia memberi tahu saya bagaimana dia meminjam dari Ibu Ana Michael dari PINJAMAN KEPERCAYAAN TERJAMIN dan seluruh prosesnya. Saya sangat senang mengumumkan kepada masyarakat umum bahwa Nyonya Ana Michael dari PINJAMAN KEPERCAYAAN adalah yang terbaik dan paling dapat diandalkan.
    Anda dapat menghubungi saya untuk lebih jelasnya melalui email saya: rafifapriani@gmail.com
    Saya berharap orang-orang yang menginginkan pemberi pinjaman pinjaman yang andal melihat ini.

    BalasHapus