Selasa, 29 April 2014

Stok Beras di Bulog Turun, Hatta Tak Khawatir

Selasa, 29 April 2014

JAKARTA - Akibat musim yang pancaroba, maka terjadi gangguan pada bahan pangan lantaran adanya penundaan musim panen. Pasalnya, musim tanam yang bergeser mundur menyebabkan stok pangan sedikit terganggu.

Meski demikian, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan stok beras di Bulog masih cukup aman. Menurutnya, Bulog tetap membeli beras masyarakat. Saat ini, stok beras memang turun ke 1,7 juta ton dari stok awal pemerintah sebesar 2 juta ton.

"Kita masih terus melakukan pembelian untuk musim panen berikut ini, perkiraan angka produksi kita masih 73 juta ton gabah, dan tadi kita sudah antisipasi apabila terjadi gangguan maka ada langkah-langkah yang akan kita lakukan," jelas dia usai Rakor Ketahanan Pangan di kantornya, Jakarta, Selasa (29/4/2014).

Menurutnya, untuk meningkatkan cadangan beras, pemerintah telah menganggarkan dana mencapai Rp2 triliun. Anggaran ini, dialokasikan untuk meningkatkan produksi beras dari 400 ribu ton menjadi 1 juta ton. "Dan pada tahun ini, akan kita keluarkan sekitar Rp1 triliun dan sisanya pada 2015 untuk meningkatkan cadangan beras pemerintah," tambah dia.

Di sisi lain, Hatta mengatakan kondisi pasokan pangan dunia juga tidak memberikan tantangan yang berarti. Meski begitu, dia mengatakan pemerintah masih mengantisipasi bibit unggas telur yang mengalami penurunan.

"Dan ini sudah diantisipasi dengan baik oleh Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian. Kita tetap memberikan perlindungan terhadap peternak kita, yang kadang mereka secara seasonal mengalami penurunan harga, dan ini yang harus kita jaga," tutur dia.

Selain itu, dia mengungkapkan pemenuhan benih pupuk juga tidak memiliki gangguan yang berarti. "Stok pupuk kiat dilaporkan Kementerian BUMN cukup, diperlukan satu data-data akurat oleh para gubernur tentang kebutuhan dan stok pupuk kiat," tukas dia. (Maesaroh/Koran SI/mrt)

http://economy.okezone.com/read/2014/04/29/320/977542/stok-beras-di-bulog-turun-hatta-tak-khawatir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar