Selasa, 15 April 2014

Bulog Divre DIY Serap Beras Petani 13.500 Ton

Selasa, 15 April 2014

YOGYA (KRjogja.com) - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) DIY telah menyerap 13.500 ton beras petani lokat. Sedangkan stok beras di gudang Bulog DIY mencapai 25 ribu ton yang cukup memenuhi kebutuhan masyarakat hingga Juli 2014 mendatang.

"Sampai saat ini baik penyerapan maupun pasokan beras di DIY sangat lancar dan tidak ada kendala operasional apapun. Kita mampu menyerap beras dari petani setempat 400 sampai 500 ton per hari," tutur Kepala Bulog Divre DIY, Awaludin Iqbal kepada KRjogja.com, Senin (14/4/2014) malam.

Iqbal mengaku serapan beras yang dilakukannya cukup tinggi saat ini seiring dengan musim panen yang justru tidak serentak dialami DIY.  Mengingat beberapa titik yang menjadi lumbung padi-nya DIY tidak serempak panennya. Selain itu meskipun terjadi fluktuasi cuaca yang saat ini cenderung musim hujan tidak menghalangi penyerapan beras maupun gabah.

Pihaknya tetap optimis apabila penyerapan tinggi maka prognosa atau target yang ditetapkan sepanjang 2014 ini terpenuhi yaitu sebesar 65 ribu ton. Penyerapan beras yang dilakukan Bulog Divre DIY masih didominasi cukup besar dari Bantul dan Kulonprogo dikisaran 16 ribu hingga 20 ribu ton, sedangkan Sleman tidak terlalu banyak karena berasnya langsung dipasarkan kepada masyarakat.

"Saya berharap potensi panen tetap yang ada di tingkat petani setempat tetap tinggi. Panen akan terus masuk cukup besar paling tidak hingga Mei mendatang," imbuhnya.

Menurutnya meskipun beberapa saat lalu harga beras dipasaran sempat mengalami kenaikan tipis dikisaran Rp 100 sampai Rp 200 tidak berpengaruh terhadap penyerapan. Petani setempat masih menjual kepada mitra Bulog sesuai dengan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) Rp 6.600 per kilogram.

"Harga dari petani yang ditawarkan masih mampu kita beli sehingga serapan kami sejauh ini masih tinggi. Stok beras yang ada di gudang juga cukup hingga tiga bulan mendatang sehingga penyaluran raskin juga aman," ungkapnya.(*-24)

http://kr.co.id/read/212324/bulog-divre-diy-serap-beras-petani-13500-ton.kr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar