Kamis, 17 April 2014

Ekonom: Perkuat Peran Bulog

Rabu, 16 April 2014

Jakarta – Ekonom Institut Pertanian Bogor (IPB) Akhmad Fauzi berharap Presiden RI terpilih akan memberikan perhatian khusus bagi penguatan peran dan fungsi Bulog.

Bulog yang kini berstatus perusahaan umum (Perum) milik negara, yang bergerak di bidang logistik pangan harus mendapat perhatian dan kepercayaan penuh pemerintah pusat agar dapat mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

“Peran Bulog tetap penting di masa mendatang, malah harus diperkuat. Bulog harus menjadi playmaker di pasar komoditas pangan untuk mengurangi spekulasi yang mempengaruhi inflasi pangan dan produk-produk pertanian,” kata Akhmad di Jakarta, Rabu (16/4).

Dalam pandangan Akhmad, Bulog sebagai penyanggah pangan nasional juga harus berdiri di barisaan terdepan untuk menjaga komoditas di luar pertanian, khususnya produk perikanan, dan menjadi stabilisator disaat terjadi kenaikan harga daging.

Hal itu, lanjutnya, pernah dilakukan Presiden Argentina Cristina Fernandez ketika negeri itu mengalami inflasi hingga 30 persen akibat tingginya konsumsi daging.

“Tidak perlu dibuat sistem terpisah antara logistik ikan dan daging. Presiden Cristina Fernandez pernah menggelontorkan komoditas substitusi, yakni ikan untuk menurunkan inflasi dan menstabilkan komoditas pangan lainnya,” katanya.

http://www.beritasatu.com/ekonomi/178401-ekonom-perkuat-peran-bulog.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar