Jumat, 13 Juni 2014

Operasi Pasar Bulog dilakukan Sepanjang Tahun

Jumat, 13 Juni 2014

Operasi Pasar Bulog dilakukan Sepanjang Tahun

TEMPO.CO , Jakarta: Bulog memastikan akan melakukan operasi pasar dan pasar murah sepanjang tahun. Hal ini berbeda dengan rencana Kementerian Perdagangan yang akan menggelar operasi pasar sebulan penuh mulai dari 22 Juni 2014 hingga mendekati lebaran.

“Kami tidak perlu menunggu hingga Ramadan untuk melakukan operasi pasar,” ujar Direktur Utama Bulog, Soetarto Ali Moesa, ketika dihubungi Tempo, Kamis, 12 Juni 2014. (Baca: Ramadan, Stok Beras Aman)

Ia mengungkapkan, operasi pasar bisa dilakukan sepanjang tahun bila ada permintaan baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. “Operasi pasar kami terus menerus karena masalah distribusi biasanya sangat menghambat ketersediaan bahan pangan di daerah,” tuturnya.

Permintaan operasi pasar biasanya diajukan oleh sejumlah pemerintah daerah yang melihat adanya tanda-tanda panceklik seperti curah hujan rendah dan hasil panen bahan pokok yang rendah. Berbeda dengan pasar murah yang menjual beras jenis premium dengan harga disubsidi pemerintah daerah, kata Soetarto, operasi pasar menjual beras jenis medium. (Baca: Pedagang: Belum Waktunya Operasi Pasar)

Saat ini stok beras mencapai 1,9 juta ton beras jenis medium dan 5 ribu ton beras jenis premium. Selain itu Bulog memiliki lebih dari 30 ribu ton gula pasir putih dan 280 ton daging sapi. “Untuk beras sendiri ada lebih dari 600 titik (gudang penyimpanan) di seluruh Indonesia yang menampung beras ini, dengan kapasitas maksimal empat juta ton,” kata Soetarto.

http://www.tempo.co/read/news/2014/06/13/092584576/Operasi-Pasar-Bulog-dilakukan-Sepanjang-Tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar