Senin, 05 September 2016

LSM PERTANYAKAN BULOG ABISKAN US$300 JUTA TIAP TAHUN UNTUK IMPOR PANGAN APA!

Minggu, 4 September 2016

Jakarta, Intelijenpost.com

Ketua. Kordinator LSM. Pemantau Kinerja Aparatur Pemerintahan Pusat Dan Daerah ( PKA – PPD ) Seluruh Indonesia Lahane Aziz mengatakan, perlu dipertanyakan dan patut dicurigai mengenai Bulog habiskan US$ 300 juta per – tahun untuk impor bahan pangan apa saja, dan kenapa hal ini ditanyakan sebab jangan sampai komuditas yang dipasokan itu merugikan dan mematikan penghasilan petani maka perlunya disebut bahan pangan apa saja yang di impor, ujar Aziz.

Kemudian, kalau dilihat dari nilai tukar rupiah masih melemah terhadap dolar US$ kenapa pemerintah ( Bulog ) terlalu memaksakan kehendak impor pangan ini, apalgi yang di impor berupa bahan pangan jagung dan ini bukan bahan pangan pokok serta tidak perlu di datangkan dari luar negeri karena stok untuk jagung di dalam negeri masih banyak tersedia, kata Aziz.

Sesuai data dan informasi yang didapat LSM. PKA – PPD, ada beberapa daerah yang menghasilkan jagung dengan kwalitet baik seperti jagung hebrida maupun tanaman jagung asli Indonesia yang terdapat yakni, di Gorongtalo, Nusa Tenggara Timur ( NTT ) , di Sulawesi Tenggara dan sekitarnya, di tiga Provinsi ini saja sudah terdapat stok jagung yang melimpah rua jadi tidak perlu di datangkan ( impor ) dari luar negeri lagi, cetus Aziz.

Karena menurut Aziz, inpor jagung dari luar negeri itu harganya berapa karena diperhitungkan dari mulai urus dokumen, biaya angkut, biaya bongkar dan lain – lainnya seperti tetebengeknya sudah menghabiskan biaya berapa dan akan dijual ke – pasaran jagung dengan harga berapa per – Kg, sudah pasti harganya mahal alias tidak nyucuk, ucapnya.

Jadi jangan hambur – hambur uang negara lah, manfaatkan uang itu untuk beli bahan pangan yang dianggap kurang stoknya di dalam negeri dan kalau jagung saja tidak perlu impor karena stok dalam negeri masih tersedia. Aziz juga mengatakan, coba kita menghemat sedikit sebab negara sekarang sudah punya banyak utang di luar negeri, tutup Aziz.  

Selanjutnya mengenai berita yang dilansir Intelijenpost.com, Perusahaan Umum (Perum) Bulog membutuhkan valuta asing (valas) sekitar US$200 juta sampai US$300 juta per tahun untuk mengimpor bahan pangan demi menjaga pasokan dan stabilitas harga di dalam negeri. Kebutuhan mata uang negara lain tersebut seringkali menyulitkan manajemen yang perusahaannya menghasilkan pendapatan dalam mata uang rupiah.

"Menurutnya, eksposur kami sangat jelas, karena pendapatan kami rupiah, dengan pembukaan impor barang tadi kami akan ditagih dolar," kata Direktur Keuangan Bulog Iryanto Hutagaol di Gedung Bank Indonesia,baru-baru ini.

Lantas untuk memitigasi risiko selisih kurs akibat membengkaknya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), Bulog memutuskan untuk menggunakan fasilitas lindung nilai (hedging). "Jadi kami butuh semacam tata kelola untuk risiko. Pada saat kami merencanakan impor pangan dengan target harga penjualan tertentu, bisa saja harga belinya berubah sewaktu-waktu," katanya.

Bahkan tahun ini, pemerintah memutuskan kuota impor jagung pada 2016 dengan volume sekitar 30 persen dari kebutuhan sebanyak 200 ribu ton per bulan atau 2,4 juta ton per tahun yang seluruhnya akan dilakukan oleh Bulog. Selain kebutuhan valas, Bulog juga masih menggantungkan pendanaannya dari pinjaman bank. Hingga saat ini, Bulog telah mengantungi pinjaman modal kerja senilai Rp40 miliar dari beberapa bank. ( IP – DW )

1 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya arissetymin@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: ladymia383@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus