Kamis, 22 September 2016

DPR Minta Perbaiki Pengelolaan Beras Bulog

Rabu, 21 September 2016

Skalanews - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron menekankan pentingnya perbaikan dalam manajemen pengelolaan dan penyaluran Badan Urusan Logistik (Bulog) agar beras yang disalurkan bisa tetap dalam kondisi baik.

"Kami menemukan beberapa hal yang harus diperhatikan, kalau pengadaan beras impor tahun 2015 kondisinya masih cukup baik, tetapi pengadaan beras lokal kondisinya sudah tidak baik," kata Herman Khaeron dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (20/7).

Menurut Herman, pengelolaan beras oleh Bulog harus dikelola dengan benar karena pengadaan beras lokal rentan tehadap kerusakan dan cenderung tidak bisa bertahan dalam jangka waktu lama.

Dalam kondisi demikian, politisi Partai Demokrat itu mengingatkan jangan sampai Bulog mengoplos atau mencampur beras yang sudah tidak berkualitas dengan beras yang lebih baik.

Untuk itu, ujar dia, perlu ada pengaturan atau tata kelola yang lebih baik. Sistem periodisasi baik pemasukan dan pengeluaran harus sejalan dengan kualitas yang dihasilkan.

Herman juga mengingatkan bahwa tugas Bulog saat ini bertambah seiring dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 48 Tahun 2016 yang memberi kewenangan terhadap Bulog guna mengelola 11 komoditas.

Sebelumnya, Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Supratman Andi Agtas mendorong pembentukan lembaga pangan nasional sebagaimana diamanatkan dalam UU No 18/2012 tentang Pangan.

"Badan Pangan itu wajib karena sudah diamanatkan dalam UU dengan menyebutkan pembentukan sebuah lembaga pangan nasional," kata Supratman Andi Agtas.

Menurut dia, lembaga pangan yang kuat itu sangat dibutuhkan tidak hanya untuk koordinasi tetapi juga harus mampu mengakses penuh terkait dengan hal seperti distribusi, stok, dan harga.

Pada saat ini, penugasan ketahanan pangan nasional dijalankan lembaga Perum Bulog, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian BUMN.

Untuk itu, politisi Partai Gerindra itu menilai hal tersebut menjadi kurang terorganisasi dengan baik dan terkesan tumpang tindih. (bus/ant)

http://skalanews.com/detail/politik/271895-DPR-Minta-Perbaiki-Pengelolaan-Beras-Bulog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar