Sabtu, 23 Mei 2015

Omzet Menurun, Pedagang Siasati Isu Beras

Sabtu, 23 Mei 2015

JAKARTA, KOMPAS — Isu beras tercampur bahan sintetis berbahaya berpengaruh terhadap omzet pedagang di sejumlah pasar di DKI Jakarta dan sekitarnya. Para pedagang pun resah dan berharap kepolisian mengusut tuntas otak di balik kasus tersebut.

Di Pasar Palmerah, Jakarta Pusat, dan Pasar Cengkareng, Jakarta Barat, omzet penjualan turun 20-30 persen. Amri (29), pedagang beras di Pasar Palmerah, mengatakan, pelanggannya mulai waswas dan banyak bertanya tentang beras sintetis.

Ia pun memastikan beras yang dijual tidak terkontaminasi bahan sintetis. Ia juga memberikan tips kepada pelanggan untuk membakar bulir beras. Jika bulir beras hangus dan menghitam, artinya beras itu asli. Sementara jika bulir beras meleleh, besar kemungkinan terbuat dari bahan sintetis.

"Saya ambil langsung dari pemasok beras Karawang. Ini langsung dari petani, jadi saya pastikan beras ini aman dikonsumsi," ujar Amri, Jumat (22/5).

Ketakutan para konsumen itu mengurangi omzet penjualan beras hingga 30 persen. Sehari, biasanya Amri menjual 1 ton beras. Di kiosnya, beras dibanderol Rp 7.500-Rp 8.000 per kilogram. Setelah isu beras sintetis merebak, penjualan menurun menjadi 700 kuintal per hari.

Pedagang lain, Nurwangsa (48), juga menerima banyak pertanyaan dari para pelanggan. Para pelanggan khawatir beras yang dijual di kiosnya terkontaminasi bahan sintetis. Ia juga meminta pelanggan untuk merendam beras dengan air. Jika mengambang, kemungkinan beras itu terkontaminasi bahan sintetis.

"Saya enggak mau main-main ke pelanggan. Beras ini saya ambil langsung dari pemasok di Indramayu, Subang, dan Cirebon. Saya tahu kualitasnya," ujar Nurwangsa.

Rita (50), pembeli di Pasar Palmerah, mengatakan, isu peredaran beras sintetis membuatnya takut. Pasalnya, beras merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Ia khawatir, penjual langganannya ikut mencampur dengan beras sintetis untuk mencari lebih banyak keuntungan.

Ohim (45), pemasok beras dari Karawang, Jawa Barat, menduga beras sintetis itu hasil impor. Sebagai pemasok beras, ia mengetahui proses awal dari panen hingga penggilingan beras. Ia memastikan tak ada campuran kimia berbahaya di beras yang ia pasarkan. Setiap hari ia mengirim 10 ton beras ke beberapa pasar di Jakarta, seperti Pasar Palmerah dan Kebayoran Lama.

Di Pasar Cengkareng, omzet penjualan beras juga menurun. Anton (32), pedagang beras, menuturkan, omzetnya turun hingga 20 persen. Biasanya ia menjual beras 2 ton per hari. Menjelang Ramadhan, biasanya pembeli beras juga semakin ramai.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Perdagangan DKI Jakarta Joko Kundaryo menuturkan, pihaknya sudah mengecek peredaran beras di 10 pasar yang tersebar di seluruh DKI Jakarta. Namun, dia belum menemukan beras sintetis berbahaya. Dalam operasi itu, dia juga melibatkan aparat Polda Metro Jaya.

Sementara itu, Kantor Bulog Subdivisi Regional Tangerang memastikan belum menemukan dan tidak menerima beras berbahan plastik dalam gudang penyimpanan. Beras yang ada dalam gudang layak dikonsumsi.

Kepala Bulog Subdivre Tangerang Sri Hardiyani mengatakan, beras yang ada di gudang Bulog dipasok langsung dari petani lokal di Banten. Mereka tidak menerika pasokan jika menemukan beras berbahan plastik.

"Tim survei dan analisis kami selalu bekerja selektif setiap kali akan membeli beras dari petani. Tim ini juga mengawasi masuknya beras dari oknum tertentu yang dengan sengaja memasukkan beras plastik. Jadi dijamin beras yang ada di sini layak konsumsi," kata Hardiyani.

(DEA/ILO/PIN)

http://epaper1.kompas.com/kompas/books/150523kompas/#/25/

3 komentar:

  1. Halo,

    Nama saya Mia Aris.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800.000.000 (800 JUTA ) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  2. Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? kami juga menyediakan pinjaman akhir tahun, kredit untuk merencanakan untuk tahun baru mendatang, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun yang akan datang ini dan juga untuk renovasi rumah Anda di tahun baru. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  3. Apakah Anda menemukan sedikit kesulitan dengan tagihan yang belum dibayar dan tidak tahu ke mana harus pergi atau ke mana harus pergi? Bagaimana dengan menemukan perusahaan Konsolidasi Utang terkemuka yang dapat membantu Anda mengurangi angsuran bulanan sehingga Anda akan memiliki opsi pembayaran yang terjangkau serta ruang untuk bernafas ketika sampai pada akhir bulan dan tagihan harus dibayar? THE ISKANDAR LENDERS adalah solusi untuk ketidakberuntungan finansial Anda. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dengan tingkat bunga rendah 1% dan jangka waktu pinjaman 1 hingga 20 tahun untuk membayar kembali pinjaman dengan aman dan tanpa jaminan. Pinjaman kami diasuransikan dengan baik untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, semua data pelanggan kami disimpan dengan baik tanpa keterlibatan pihak ketiga. Tujuan utama kami adalah membantu Anda mendapatkan layanan yang layak Anda dapatkan, Program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam suatu suksesi lebih cepat. Anda bebas untuk Menghubungi kami di berikut ini
    e_mail:::::iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com
    WhatsApp:+62-822-7404-5059
    Tel....+62-822-7404-5059

    BalasHapus