Sabtu, 22 Maret 2014

Mendag: Izin Impor Gula untuk Bulog Segera Terbit

Jumat, 21 Maret 2014

Jakarta, GATRAnews - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyatakan, dirinya telah menandatangani izin impor gula untuk Perum Bulog sebagai tindak lanjut permintaan dari pemerintah agar Bulog mengadakan stok gula sebanyak 350.000 ton untuk menutup kekurangan kebutuhan gula nasional pada bulan Mei-Juli mendatang. Namun, izin tersebut belum terbit karena masih dalam proses birokrasi. "Segera, baru turun, baru dikasih minggu lalu. Dari meja saya sudah saya turunin, persisnya dimana saya nggak tahu," kata Lutfi kepada wartawan di Kantornya, Jakarta, Jumat (21/3).

Sebelumnya, Direktur Utama Perum Bulog Sutarto Alimoeso mengaku telah mengirimkan surat permohonan izin untuk importasi gula ke Kementerian Perdagangan. Namun, meski seluruh persyaratan untuk permintaan izin sudah dipenuhi, izin impor gula untuk Bulog masih belum diterbitkan. "Saya sudah kirim surat ke Kementerian Perdagangan. Persyaratan biasa seperti NPWP dan sebagainya sudah kita penuhi kok, kita sudah pengalaman. Tinggal kita tunggu saja," kata Sutarto kepada media di Bangi Kopitiam, Jakarta, Kamis (20/3/).

Untuk pengadaan gula ini, Bulog sama sekali tidak mendapat anggaran PSO maupun dana stabilisasi dari pemerintah. Karena itu, Bulog akan mencari kredit dari bank sebesar Rp 1-2 triliun sebagai modal untuk mengimpor gula. "Perintahnya Rakortas kita menggunakan komersial. Jadi kita akan utang ke bank," tukasnya. Sutarto juga mengungkapkan, sebetulnya pihaknya masih ragu dengan perhitungan pemerintah bahwa akan ada kekurangan stok gula sampai 350 ribu ton di bulan Mei-Juli. Pasalnya, para petani tebu dan pabrik-pabrik gula memiliki perhitungan yang berbeda.

"Sekarang petani dan pabrik gula mengeluh karena ada stok banyak, rafinasi masuk. Itu yang saya anggap misterius, harus clear semua. Rafinasi berapa, untuk konsumsi berapa, produksi berapa," tegasnya. (*/MA)


http://www.gatra.com/ekonomi-1/49299-mendag-izin-impor-gula-untuk-bulog-segera-terbit.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar