Senin, 17 Maret 2014

Bulog RNI Teken Kesepakatan Jual Beli Gula

Senin, 17 Maret 2014

TEMPO.CO, Jakarta - PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) dan Perum Bulog menjalankan kesepakatan jual-beli gula tebu sebanyak 12.000 ton dengan harga Rp 8.600. Direktur Utama RNI Ismed Hasan Putro mengatakan kesepakatan ini diharapkan akan mendorong terjadinya pembentukan harga yang lebih baik bagi produsen maupun konsumen.

"Terkait dengan sinergi Bulog dan RNI, sebaiknya Kemendag (Kementerian Perdagangan) tidak tergesa-gesa untuk mengizinkan impor gula kristal putih sebelum seluruh gula yang ada di RNI dan PTPN habis terserap," katanya dalam pesan singkat kepada Tempo, 17 Maret 2014.

Menurut dia, langkah ini penting agar harga gula tidak terpuruk dan kesejahteraan petani tebu terjamin. Tidak elok bila Kementerian Perdagangan tersandera oleh kepentingan pragmatis impor. "Pemerintah perlu tetap menjaga harapan dan semangat petani tebu agar mereka masih berkeinginan menanam tebu," katanya.

Ismed mengatakan RNI siap bila nantinya Bulog memerlukan gula tambahan. RNI berkomitmen untuk mendukung Bulog memasok sebanyak 150.000 ton gula hasil produksi 2013-2014. "Selain itu, tentu saja RNI akan terus mencadangkan gula untuk kebutuhan retail melalui Waroeng Rajawali dan Rajawali Mart serta toko moderen lainnya yang sudah bekerja sama dengan RNI," katanya.

ANANDA PUTRI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar