Minggu, 23 Maret 2014

BANJIR PANTURA TAK PENGARUHI STOK BERAS DI BULOG SUBANG

Minggu, 23 Maret 2014

SAPA -Banjir yang merendam puluhan ribu hektare lahan pertanian di Kabupaten Subang tidak berdampak signifikan terhadap targetan serapan beras sebesar 55 ribu ton pada tahun ini di gudang Bulog.

Data dinas Pertanian, dari 85 ribu lahan area pertannian di Subang, sekitar 25 ribu hekater yang terendam banjir pada Januari lalu, atau hanya 30% saja. "Asumsi angka sementara produksi bisa berprduksi 950 ribu ton, akibat banjir yang kemarin tidak banyak berpengaruh, karena petani melakukan replanting," kata Wakil Kepala Sub Drive Bulog Subang, Budi.

Meskipun aman, namun konsekwensi logis yang harus dilakukan Dolog, kata Budi, harus proaktif dan jemput bola ke pertanian saat panen nanti.

"Kita manfaatkan semua potensi, kita lebih proaktif dan jemput bola ke lapangan," imbuhnya.

Budi menjelaskan, untuk 5 bulan mendatang, Bulog menjamin stok beras masih aman. Stok beras yang tersedia di gudang Bulog sebanyak 15.000 ton. "Untuk 5 bulan ke depan stok beras aman. Yang ada di gudang kita 15.000 ton," kata Budi

Pada tahun ini, untuk Subang, Bulog menargetkan sebanyak 55 ribu ton. Yang sudah tercapai sebanyak 20 ribu ton.

Untuk memenuhi kekurangan dari target itu, kata Budi, pihaknya membentuk satuan petugas pengadaan. "Kita sudah bentuk satgas pengadaan sebanyak 5 unit dan sosialisasi ke mitra untuk bergerak. begitu panen kita proses pengadaan," imbuhnya.

Oleh: Dedy Tardiyo Korda SAPA Kabupaten Subang

http://www.sapa.or.id/b3/4304-penanggulangan-kemiskinan-tak-pengaruhi-staok-beras-bulog-subang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar