Selasa, 25 Maret 2014

Bulog Belum Salurkan Raskin Dua Kabupaten di Sulteng

Selasa, 25 Maret 2014

Palu | kabar3

BADAN Urusan Logistik (Bulog) belum menyalurkan beras untuk warga miskin (raskin) di dua kabupaten di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kepala Perum Bulog Sulteng, Mar'uf mengatakan, dua kabupaten yang belum mendapat jatah raskin adalah Kabupaten Morowali Utara dan Banggai Laut. Ia mengatakan, belum disalurkannya beras subsidi itu karena dua daerah tersebut baru dimekarkan, sehingga data penerima raskin belum dipisahkan dari kabupaten induk. Misalnya, untuk Rumah Tangga Sasaran (RTS) Kabupaten Banggai Laut masih jadi satu dengan Banggai Kepulauan. Begitu pula dengan Kabupaten Morowali Utara masih belum dipisahkan dengan Kabupaten Morowali. "Jadi sementara ini masih dalam proses pemisahan," katanya di Kota Palu, Selasa (25/3).

Menurut dia, keterlambatan penyaluran raskin di dua kabupaten di Sulteng tersebut karena data penerima raskin belum ada dan sedang dalam proses pemisahan. Mar'uf berharap, begitu RTS sudah dipisahkan, Pemkab Morowali Utara dan Banggai Laut secepatnya mengajukan Surat Perintah Alokasi (SPA) dan Bulog akan langsung mendistribusikannya. Jika SPA sudah ada, tak ada lagi alasan bagi Bulog untuk menunda penyaluran raskin ke titik distribusi.
Bulog wajib menyalurkan raskin sampai di titik distribusi. Selanjutnya, penyaluran kepada RTS menjadi tanggung jawab pihak kelurahan dan desa. Karena itu, jika terjadi penyelewengan di tingkat desa/kelurahan, itu bukan lagi tanggung jawab Bulog. Kecuali jika terjadi penyelewengan pendistribusian raskin dari gudang ke titik distribusi. Itu sepenuhnya tanggung jawab petugas raskin Bulog.

Antara | Mustakim

http://www.kabar3.com/news/2014/03/bulog-belum-salurkan-raskin-dua-kabupaten-di-sulteng/#.UzEtLeOSzME

Tidak ada komentar:

Posting Komentar