Selasa, 18 Maret 2014

Harga Gabah di Lamongan Rp2600/kg

Selasa, 18 Maret 2014

Lamongan- Petani di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur mengeluhkan harga padi yang terus anjlok.  Saat ini harga gabah kering sawah hanya Rp2600 perkilogram.

Padahal sepekan lalu harga gabah basah masih mencapai Rp3400 hingga Rp3600 perkilogram. “Bakul hanya berani membeli gabah Rp2600 perkilogram pak,“ kata petani di Desa Cungkup, kecamatan Pucuk, Basar kepada suaraBanyuurip.com, Senin (17/3/2014).

Menurut para pedagang, mereka tidak berani membeli harga gabah diatas Rp3 ribu karena biaya angkut yang mahal. Sebab kondisi jalan yang buruk menjadikan para pedagang harus mengeluarkan biaya pembelian bahan bakar minyak (BBM) berupa solar lebih besar.

"Belum lagi untuk kuli angkutnya," ujar salah satu pedagang.

Biasanya pedagang langsung membeli hasil panenan petani di sawah. Hasil panenan berupa gabah basah langsung diangkut dengan mobil pick up atau truk setelah ada kesepakatan harga.

Meski harga gabah terus terjun bebas, namun petani di sana mengaku tidak memiliki pilihan lain. Karena mereka membutuhkan uang untuk membayar ongkos preman (pekerja) yang membantu panenan.

“Juga untuk mbayar utang buat modal tanam dulu mas,“ kata petani lainnya, Sujak.

Petani kuatir harga gabah ini akan terus anjlok saat panen raya nanti. Sebab hal itu akan mengakibatkan petani mengalami kerugian besar.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Kehutanan Lamongan, Hariyanto, dikonfirmasi tentang jebloknya harga padi mengaku kaget.

“Setahu saya saat ini harga padi masih diatas Rp3 ribu perkilogram,“ kata Hariyanto.

Menurutnya, jatuhnya harga padi tidak lepas dari ulah para pedagang yang berusaha membeli padi dengan harga serendah mungkin.

“Tolong dibantu diinformasikan melalui media anda, saat ini harga gabah masih diatas Rp 3 ribu perkilogram. Petani jangan mau menjual dibawahnya. Tolong ya," pesan Hariyanto.

http://suarabanyuurip.com/kabar/baca/harga-gabah-di-lamongan-rp2600-kg

1 komentar:

  1. Bagi temen temen petani yang berminat tanam padi Sertani 8, sms ke 085648645621

    BalasHapus