Minggu, 02 Maret 2014

Bulog Banyumas Salurkan Jatah Raskin Dua Kali

Minggu, 2 Maret 2014

Metrotvnews.com, Purwokerto: Untuk meredam gejolak harga di pasaran, Bulog Subdivisi Regional (Subdivre) IV Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) menggelontor penyaluran raskin sebanyak dua kali pada bulan Maret. Sehingga keluarga miskin akan mendapat jatah sebanyak 30 kilogram (kg).

Humas Bulog Subdivre Banyumas Priyono mengungkapkan dalam kondisi normal, penyaluran raskin hanya sekali dalam sebulan. Masing-masing keluarga miskin mendapat jatah 15 kg dengan harga tebus Rp1.600 per kg.

"Karena harga beras mengalami lonjakan, maka sejak pada Februari dan Maret, penyaluran raskin di empat kabupaten di Jateng selatan yakni Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara dan Cilacap sebanyak dua kali," jelas Priyono, Minggu (2/3).

Dikatakan oleh Priyono, tambahan penyaluran pada Februari sebetulnya
merupakan jatah bulan November, sedangkan Maret merupakan jatah bulan
Desember.

"Penambahan penyaluran pada Februari dan Maret memang diambilkan dari jatah bulan November dan Desember," katanya.

Menurutnya, jatah normal untuk empat kabupaten di Jateng selatan sebanyak 6,2 ribu ton lebih yang diperuntukkan bagi 415 ribu lebih rumah tangga sasaran (RTS) setiap bulannya.

"Tetapi karena ada penambahan satu jatah lagi, maka pada bulan Februari dan Maret masing-masing disalurkan 12,4 ribu ton lebih. Jadi masing-masing keluarga tidak mampu memperoleh jatah 30 kg pada bulan Februari dan Maret," ujarnya.

Kebijakan itu, lanjut Priyono, untuk meredam gejolak harga beras di pasaran yang kini telah mencapai Rp8.800 hingga Rp8.900 per kg untuk beras IR 64 kelas medium. Selain peredam harga, tujuan lainnya adalah membantu keluarga tidak mampu, sehingga mereka tidak usah membeli beras di pasaran yang harganya tinggi.

Sementara salah seorang warga di Pekuncen, Banyumas, Urip, 36, mengatakan kalau penyaluran jatah raskin memang cukup membantu warga, karena saat ini harga beras di pasaran tinggi.

"Biasanya, jatah beras raskin yang saya terima bisa menutup kebutuhan pangan selama satu bulan," tambahnya. (Lieliek Dharmawan)

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2014/03/02/6/219999/Bulog-Banyumas-Salurkan-Jatah-Raskin-Dua-Kali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar