Kamis, 14 Januari 2016

Peran Diperluas, Bulog Kediri Kirim 21 Ton Bawang Merah ke Jakarta

Rabu, 13 Januari 2016
 
Kediri (beritajatim.com) - Bulog Sub Divre 5 Kediri menyambut antusias rencana pemerintah dalam memperluas peranannya sebagai stabilitator harga pangan. Perusahaan umum milik Negara ini nantinya tidak hanya menyerap beras saja, tetapi juga mengurusi bahan pangan lain seperti jagung, kedelai bahkan sayur-sayuran.

Kepala Bulog Sub Dive 5 Kediri Wahyu Sutanto mengatakan, pemerintah memberikan tugas baru dalam menjalami pasokan pangan dan keterjangkauan masyarakat. Ada tujuh komoditas unggulan yang nantinya akan ditangani Bulog.

“Informasinya selain beras penugasan tersebut adalah, jagung, kedelai, gula, bawang merah, cabai, dan daging sapi,” ujar Wahyu Sutanto di kantornya, Rabu (12/1/2016).

Saat kunjungan Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman dalam kegiatan panen raya di Nganjuk, Bulog Kediri akhir tahun 2015 lalu, imbuh Wahyu, pihaknya mendapat tugas secara langsung. Tugas tersebut yaitu selain membeli gababah hasil panen, bulog juga melakukan pembelian bawang merah untuk dikirim ke Jakarta.

“Alhamdulillah penugasan tersebut dapat terlaksana dengan baik dan perum Bulog Subdivre Kediri bisa mengirim kurang lebih 21 ton bawang merah. Kemudian pada akhir tahun 2015 lalu kita juga melakukan pembelian cabai sebanyak 5 ton yang juga dikirim ke Jakarta,” beber Wahyu.

Wahyu berharap informasi tentang regulasi penugasan Bulog dalam menangani bawang merah dan cabe serta komoditi pangan lainnya dapat segera terealisir. Sehingga dapat digunakan sebagai dasar dan payung hukum dalam menjalankan tugas. " Yang pasti bisa menyejahterakan petani dan mengurangi beban konsumen,” imbuh Wahyu.

Berdasarkan hasil keputusan Rapat kerja komisi IV DPR RI dengan Menteri Pertanian pada hari Kamis tanggal 27 Agustus 2015 agar pemerintah menguasai stok pangan pokok dan pangan strategis minimal 10 persen dari kebutuhan konsumsi pangan nasional pertahun dengan memperkuat perum Bulog menjadi stabilisator harga berbagai komoditas pangan pokok dan pangan strategisnya. [nng/but]

http://beritajatim.com/ekonomi/256724/peran_diperluas,_bulog_kediri_kirim_21_ton_bawang_merah_ke_jakarta.html#.VpbjZraLTIU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar