Selasa, 26 Januari 2016

Bulog Siap Salurkan 37.242 ton Raskin

Selasa, 26 Januari 2016

SEMARANG, suaramerdeka.com – Bulog Divre Jawa Tengah siap menyalurkan beras bersubsidi untuk keluarga miskin (raskin) akhir Januari ini. Adapun beras yang disalurkan 37.242 ton.

Kepala Bulog Divre Jateng, Usep Karyana mengatakan, beras tersebut akan ditujukan kepada 2,4 juta rumah tangga sasaran (RTS). Tujuannya, untuk membantu rumah tangga berpenghasilan rendah, sekaligus sebagai upaya stabilisasi harga.

“Beras sebanyak 37.242 ton raskin ini akan dibagi oleh enam sub divre, yaitu Sub Divre Semarang sebanyak 5.589 ton, kemudian Sub Divre Pati 5.560 ton, Surakarta 6.667 ton, Banyumas 6.209 ton, Kedu 5.608 ton dan Pekalongan 7.675 ton. Penyaluran ini tergantung dari kesiapan masing-masing kabupaten/kota,” ungkapnya saat ditemui, Senin (25/1).

Sesuai dengan mekanisme, Bulog dapat mendistribusikan raskin, setelah daerah yang bersangkutan mengajukan surat pengajuan alokasi (SPA). “Kalau kabupaten/kota siap maka kami juga siap menggelontorkan raskin ke masyarakat, tapi untuk penyalurannya,” tuturnya.

Sedangkan untuk ketahanan, Bulog memiliki stok hingga bulan April mendatang. Ketahanan ini diperkuat dengan penyerapan yang kembali dilakukan sejak awal Januari lalu, walaupun penyerapan masih belum sebanyak panen raya.

“Hingga sekarang daerah yang sudah mulai panen antara lain, Demak, Grobogan, Pati, Kudus dan Blora,” kata Usep.

Bulog memprediksi, puncak panen akan terjadi pada bulan April. Pada masa tersebut, penyerapan setara beras di Jateng diperkirakan bisa mencapai antara 6 ribu-8 ribu ton per hari.

“Walau kondisi begitu, saat ini stok Bulog masih cukup. Bahkan, dengan raskin yang digelontorkan ini juga harapannya tidak hanya untuk membantu rumah tangga sasaran saja, tapi juga sebagai stabilisasi harga beras di pasaran,” jelasnya.

Sementara itu, terkait dengan musim hujan, Bulog menjamin kualitas beras yang disalurkan tidak akan mengalami penurunan. Hal ini terkait dengan standar standar yang diberlakukan sebelum beras masuk gudang.

“Kami memiliki standar khusus baik untuk beras itu sendiri maupun gudang sebagai tempat penyimpanannya. Sehingga walaupun musim hujan, beras tetap dalam kondisi yang baik untuk disalurkan,” tandasnya.

(Anggun Puspita/CN39/SM Network)
http://berita.suaramerdeka.com/bulog-siap-salurkan-37-242-ton-raskin/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar