Selasa, 26 Januari 2016

Penyaluran Raskin Bertahap Empat Hari

Selasa,26 Januari 2016

PURWOKERTO,suaramerdeka.com – Penyaluran raskin pada awal tahun 2016 di Kabupaten Banyumas dilakukan secara bertahap. Penyaluran mulai Senin (25/1) sampai (28/1) mendatang, sesuai dengan gudang Bulog terdekat.

Kabag Perekonomian Setda Banyumas, Sugiyanto menjelaskan, penyaluran Senin (25/1) meliputi, Kecamatan Sumbang, Ajibarang, Kembaran, Sumpiuh, Gumelar dan Pekuncen. Hari kedua, Kecamatan Banyumas, Karanglewas, Baturraden, Kalibagor, Lumbir, Tambak dan Kemranjen. Hari ketiga, yakni Kecamatan Purwokerto Barat, Purwokerto Timur, Purwokerto Utara, Sokaraja, Somagede, Wangon, Jatilawang dan Patikraja. Sednagkan hari keempat, Kamis (28/1) untuk Kecamatan Cilongok, Kedungbanteng, Purwokerto Selatan, Rawalo, Purwojati dan Kebasen.

“Wilayahnya dibagi sesuai dengan penempatan gudang beras masing-masing,” katanya.

Dikatakan, ada tiga gudang yang menjadi tempat penyimpanan raskin di Bulog Sub Divre IV Banyumas, yakni Gudang Klahang, Sokaraja dan Cindaga.

Terkait kualitas beras, kata dia, masih memakai beras medium hasil pengadaan panentahun lalu. Menurutnya, kualitas beras tersebut dalam kondisi beras yang baik dan layak untuk dikonsumsi.

“Sampai penyaluran hari pertama belum ada laporan masuk keluhan dari warga yang menerima. Tidak ada yang komplain, karena memang sebelum membagikan, kita lakukan pengecekan beras terlebih dahulu,” ujarnya.

Berdasarkan surat keputusan dari Gubernur, pembagian raskin tahun ini sebanyak 12 kali atau dibagikan sekali tiap bulannya selama satu tahun. Dengan masing-masing RTS menerima sebanyak 15 kilogram dengan harga Rp 1.600/ kilogram. “Dapat subsidi dari pemerintah sekitar Rp 5.000 lebih tiap kilonya,” ujar dia.

Raskin terbanyak, kata dia disalurkan di Kecamatan Cilongok, yakni 12.264 Rumah Tangga Miskin (RTS), kemudian Kecamatan Sumbang (9.161 RTS). “Yang paling sedikit yakni Kecamatan Purwokerto Utara dan Purwokerto Timur, dengan masing-masing sebanyak 1.269 RTS,” jelasnya.

(Agus Wahyudi/CN39/SM Network)

http://berita.suaramerdeka.com/penyaluran-raskin-bertahap-empat-hari/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar