Senin, 04 Januari 2016

Bulog Jateng Jamin Stok Beras Aman Hingga April

Minggu, 3 Januari 2016

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Perum Bulog Divre Jawa Tengah mengaku siap menggelontorkan beras premium untuk periode bulan Januari hingga Maret mendatang. Penyaluran beras premium ini sebagai pengganti beras medium yang stoknya mulai menipis.
"Persediaan beras medium saat ini mencukupi hingga pertengahan Januari. Namun kita semua jangan khawatir, stok di Jateng masih aman, karena diperkuat oleh beras premium yang stoknya mencukupi hingga April mendatang," kata Kepala Perum Bulog Divre Jateng, Usep Karyana kepada Tribun Jateng, Minggu (3/1/2015).
Usep juga menjelaskan, selama awal Desember pihaknya masih terus melakukan penyerapan. Namun mulai pertengahan hingga akhir penyerapan mulai berkurang karena saat itu merupakan musim tanam. Panen raya sendiri diperkirakan akan terjadi pada akhir Maret.
"Ada kemungkinan besar memang panen raya Maret atau April. Tapi memasuki Januari ini kami juga akan mulai melakukan penyerapan di beberapa sentra beras, walaupun tidak sebanyak saat panen raya nanti," lanjutnya.
Sementara itu untuk penyaluran beras premium sebagai ganti dari medium, menurutnya tidak akan banyak berpengaruh. Justru masyarakat akan lebih banyak diuntungkan dengan digelontorkannya beras dengan kualitas lebih baik. Biasanya beras medium kemudian diganti premium dengan kualitas lebih baik pastinya masyarakat akan lebih senang. Untuk kemudian beralih ke medium, setelah dilakukannya penyerapan.
Ia menambahkan, terkait dengan musim hujan, ia juga menjamin kualitas beras yang disalurkan oleh Bulog tidak mengalami penurunan. Hal ini terkait dengan standar-standar yang diberlakukan sebelum beras masuk gudang.
"Kami juga memiliki standar khusus baik untuk beras itu sendiri maupun gudang sebagai tempat penyimpanannya. Sehingga walaupun musim hujan, beras tetap dalam kondisi yang baik," tukas Usep.(*)


Laporan Wartawan Tribun Jateng, Hesty Imaniar
http://jateng.tribunnews.com/2016/01/03/bulog-jateng-jamin-stok-beras-aman-hingga-april

Tidak ada komentar:

Posting Komentar