Rabu, 27 Juli 2016

PPI Sediakan Gula Murah Meriah, Bulog Targetkan Penurunan Harga Dalam Dua Pekan

Rabu, 27 Juli 2016

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Penjualan gula murah digelar sejak pasar murah Ramadhan digulirkan. Namun hingga kini, penjualan gula murah masih diselenggarakan di gudang kantor PT PPI yang ada di Jalan Gajah Mada, Kota Balikpapan. Pasokan yang tersedia, ada 10 ton gula dengan harga per kilogram (kg) sebesar Rp 12,500.
Ketika ditemui Tribunkaltim.co di dalam gudang, Barita Pasaribu, Kepala Gudang Gula Murah PPI, sedang mengawasi para pekerjanya yang sedang sibuk memindahkan gula pasir dari karung putih ke dalam kantung plastik transparan.
Saat itu, Barita yang mengenakan kemeja kotak-kotak kuning menjelaskan, pasokan 10 ton didatangkan dari Makassar Sulawesi Selatan setelah puasa Ramadhan.
"Ini masih tersedia banyak. Nanti kalau kurang bisa didatangkan lagi gulanya. Tunggu habis dulu," ujarnya pada Selasa (26/7/2016).
Berdasarkan pantauannya, konsumen yang membelanjakan uangnya untuk gula pasir murah sebagian besar adalah para wanita. Hitungannya, rata-rata mampu terjual 2 ton per hari.
Syaratnya, konsumen yang membeli gula murah di PPI syaratnya tidak diperbolehkan membeli per kilogram.
Konsumen diwajibkan membeli minimal membeli 4 Kg, dengan biaya Rp 50 ribu.
Tujuan digelarnya cuci gudang gula lebih untuk memudahkan masyarakat memperoleh gula yang murah.
Sempat beredar kabar yang menggemparkan, warga panik mencari gula yang murah meriah. Kini telah tersedia pasokan gula murah yang dijamin berkualitas baik.
"Kami sudah buka sejak puasa. Gulanya habis. Sekarang buka lagi sehabis puasa. Datang saja langsung ke sini kalau mau dapat harga gula murah," katanya.
Tidak hanya PPI, ternyata pada Agustus ini, Bulog Drive Kaltim-Kaltara juga akan melempar gula murah yang dibandrol harganya per kilogram Rp 13 ribu, yang dikirim dari pemerintah pusat.
Agung Setiabudi, Kepala bidang Pengadaan, Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Drive Kaltim-Kaltara mengatakan, sekarang ini sedang proses bongkar muat, menurunkan gula yang dikirim dari pemerintah pusat sebanyak 5 ribu ton.
"Bergantung cuaca juga. Kalau hujan terus kita mengalami kendala. Akan lama lagi menurunkan muatan gulanya," ujar pria berkulit gelap ini.
Dia berharap, dengan adanya pasokan tambahan sebesar 5 ribu ton maka masyarakat akan memperoleh harga yang lebih murah dari sekarang ini.
Jika berjalan lancar, dalam dua minggu ke depan masyarakat akan bisa memperoleh gula Rp 13 ribu per Kg.
"Insyaa Allah maksimal minggu kedua harga gula akan ada penurunan," tuturnya. (*)

http://kaltim.tribunnews.com/2016/07/27/ppi-sediakan-gula-murah-meriah-bulog-targetkan-ada-penurunan-harga-dalam-dua-pekan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar