Senin, 11 Juli 2016

Ini kata INDEF soal impor daging kerbau India

Senin, 11 Juli 2016

JAKARTA. Direktur Institute For Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati mengatakan impor daging kerbau dari India tidak akan berdampak signifikan pada penurunan harga daging sapi di dalam negeri.

Pasalnya, pasar tetap lebih membutuhkan daging segar ketimbang daging beku. Sementara daging kerbau yang diimpor Perum Bulog dalam bentuk daging beku.

Menurut Enny, permintaan daging di Indonesia didominasi oleh masyarakat menengah ke bawah. Di mana mereka ini adalah para pedagang bakso dan pedagang skala Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) seperti warung padang dan warung Tegal.

"Mereka ini tetap akan mencari daging segar demi mempertahankan kualitas dagangan mereka dan untuk mempertahankan pelanggan mereka," ujar Enny kepada KONTAN, Minggu (10/7).

Sementara, permintaan masyarakat skala rumah tangga untuk daging sapi dan kerbau akan menurun pasca perayaan lebaran tahun ini. Sebab masih banyak pilihan protein lain yang dapat menggantikan daging sapi yang harganya lebih terjangkau.

Karena itu, Enny bilang, pemerintah mau tidak mau harus menambah kuota daging segar di pasaran melalui penambahan pasokan sapi lokal dan sapi bakalan.

http://industri.kontan.co.id/news/ini-kata-indef-soal-impor-daging-kerbau-india

Tidak ada komentar:

Posting Komentar