Senin, 25 Juli 2016

Atasi Masalah Distribusi di Riau, Bulog Bangun Gudang Beras

MINGGU, 24 JULI 2016

TEMPO.CO, Pekanbaru - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, bersama Badan Urusan Logistik (Bulog) bersepakat membangun gudang beras di kabupaten itu. “Pembangunan gudang beras untuk mengatasi masalah distribusi yang sering terkendala,” kata Kepala Bagian Ekonomi Kabupaten Meranti Agusyanto Bakkar, Minggu, 24 Juli 2016.

Agus menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti telah menyediakan lahan seluas 2 hektare di Desa Sialanpasung, Kecmatan Rangsang Barat. Sedangkan pembangunan fisik gudang dengan kapasitas 1000 ton direalisasikan oleh Bulog. Biayanya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara.

Menurut Agus, pembangunan gudang itu merupakan Project Sharing antara Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dengan Bulog. "Bulog telah melakukan survei lokasi, Sialangpasung dinilai sangat representatif sebagai tempat gudang Bulog," ucapnya.

Pihak Bulog telah menugaskan konsultan perencanaan pembangunan ke Kabupaten Kepulauan Meranti. Pembangunan akan dimulai setelah proses pengadaan lahan telah rampung. “Direncanakan pembangunan gudang rampung akhir 2016,” tutur Agus.

Agus menjelaskan, pembangunan gudang beras sangat diperlukan. Kabupaten Kepulauan Meranti yang terdiri dari banyak pulau menjadi kendala pendistribusian beras, termasuk beras untuk warga miskin. “Bulog berkomitmen membantu memperlancar distribusi beras di daerah ini,” ujarnya.

Agus mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti sudah lama menginginkan adanya gudang beras sendiri. Kabupaten pecahan Kabupaten Bengkalis yang baru berumur tujuh tahun itu masih bergantung pada Gudang Bulog di Kabupaten Bengkalis.

Kondisi geografis dua wilayah kabupaten yang terdiri atas pulau-pulau itu menjadi kendala dalam pendistribusian. Baik dari sisi transportasi maupun biaya angkut lantaran harus melalui jalur laut. Akibatnya distribusi beras selalu mengalami keterlambatan.

Agus mengatakan, keberadaan gudang Bulog bukan semata mengatasi persoalan distribusi beras, melainkan turut menggenjot perekonomian daerah. Keberadaan gudang Bulog akan meransang petani lokal meningkatkan produksi beras yang dapat langsung diserap oleh Bulog. "Jika harus melakukan operasi pasar, kami tidak perlu lagi mencari beras ke daerah lain," ucapnya.

RIYAN NOFITRA

https://m.tempo.co/read/news/2016/07/24/058790034/atasi-masalah-distribusi-di-riau-bulog-bangun-gudang-beras

Tidak ada komentar:

Posting Komentar