Rabu, 27 Juli 2016

Enam Kabupaten Sulteng Siap Jual Beras ke Bulog

Selasa, 26 Juli 2016

Metrotvnews.com, Palu: Enam Kabupaten di Sulawesi Tengah (Sulteng) menyatakan siap menjual beras hasil panen petani di masing-masing daerah kepada Bulog untuk memenuhi kebutuhan stok nasional. Langkah ini diharapkan bisa menekan isu mengenai kelangkaan beras.

Adapun enam kabupaten penghasil beras terbesar di Sulteng itu terdiri atas Parigi Moutong, Banggai, Tolitoli, Poso, Donggala dan Sigi. "Kami siap mengalokasikan 10 persen beras produksi petani untuk dijual kepada Perum Bulog di masing-masing daerah," kata Bupati Donggala Kasman Lassa, seperti dikutip dari Antara, di Palu, Selasa (26/7/2016).

Donggala sebagai salah satu daerah penghasil beras di Sulteng setiap tahunnya mengalami surplus produksi beras dan selama ini ikut memberikan kontribusi dalam pengadaan beras yang dilakukan Perum Bulog.

Namun, masih kata dia, beras yang dipasok ke Bulog masih kecil dibandingkan dengan diserap oleh para pedagang pengumpul yang tidak hanya datang dari dalam, tetapi juga luar Sulteng. Tetapi ke depan, Pemkab Donggala berkomitmen untuk mengalokasikan 10 persen dari hasil panen petani di daerah itu akan dijual ke Bulog.

Hal senada disampaikan Bupati Poso Darmin Sigilimpu dan Wakil Bupati Sigi Paulina serta Sekda Kabupaten Parigi Moutong Ekka Pontoh. Mereka mengatakan siap memenuhi permintaan Bulog untuk menjual paling tidak 10 persen dari hasil panen petani kepada Bulog Sulteng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar