Jumat, 04 September 2015

Bulog Siap Beli di Atas HPP

Kamis, 3 September 2015

Untuk Beras Kualitas Premium

PASURUAN – Bulog Sub Divre Malang siap membeli beras kualitas premium milik petani. Bahkan, dengan harga di atas HPP (harga  pokok pembelian).  Cara ini dilakukan sebagai salah satu langkah menjalankan program ketahanan pangan.
Beberapa-pekerja-sedang-memasukkan-beras-ke-gudang-Bulog-Sub-Divre-Malang-di-Kejapanan,-Kabupaten-Pasuruan.
Sehingga, stok beras pun bisa dipenuhi secara maksimal. Arsyad, kepala Bulog Sub Divre Malang mengatakan, Bulog juga mengambil beras dengan kualitas  premium. Sebab, beras itu nantinya tidak hanya digunakan untuk  ketersediaan pangan.
Tapi, juga untuk kegiatan komersil atau dijual  kembali.  “Karena itu, beras yang kualitasnya  bagus kami beli dengan harga di atas HPP. Sesuai dengan standar   ku a litasnya. Kalau HPP Rp 7.300 per kilogram, kami beli di atas itu,” ungkapnya.
Arsyad mengatakan, program ini  sudah dilakukan sejak Juni lalu.  Petani atau penggilingan bisa menjual beras kualitas premium ke Bulog  dengan harga sesuai pasar. Saat ini,  harga beras premium mencapai  Rp 8.700 – Rp 8.800 per kilo gram.
Ditambahkan Arsyad, pihaknya sudah melakukan pembicaraan dengan beberapa pihak untuk meningkatkan pasokan beras ke  gudang Bulog. Di antaranya, dengan Disperindag, Dandim,  sampai mengundang ke penggilingan  padi.
Harapannya, petani dan penggilingan padi mau menyetorkan beras ke Bulog untuk  stok di gudang Bulog. Saat ini, menurutnya, target stok beras sampai akhir tahun untuk Malang Raya yaitu 30 ribu ton. Dan, sampai kemarin, sudah tercapai 17 ribu ton atau sisa 13 ribu ton.
Kepala Bidang Perdagangan di Disperindag Kabupaten Pasuruan Daya Uji menjelaskan, memang ada komunikasi bahwa Bulog siap membeli beras petani kualitas  premium dengan harga di atas HPP.  “Bahkan, mencapai Rp 8.700 per kilogram dan dibayar tunai,” katanya.
Menurutnya, Bulog Divre Malang mempunyai empat gudang. Yaitu, di Malang, Batu, Gadingrejo, dan Kejapanan. Dengan sisa target 13  ribu ton sampai akhir tahun, paling  tidak gudang Bulog Pasuruan membutuhkan sekitar 4 ribu ton  beras sepanjang musim kemarau  ini.
“Dari perhitungan luas areal dan kerja sama dengan penggilingan padi, kami optimis target tersebut bisa terpenuhi untuk gudang Pasuruan. Apalagi, jika kualitasnya bagus, Bulog siap membeli dengan harga di atas HPP dan dibayar tunai,” pungkasnya. (radar)

http://www.kabarbromoterkini.com/2015/09/03/bulog-siap-beli-di-atas-hpp/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar