Jumat, 31 Oktober 2014

Jokowi Ingin Kedaulatan Pangan, Rini Soemarno Panggil Bos Bulog

Jumat, 31 Oktober 2014

Jakarta -Kemarin Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memanggil Direktur Utama Perum Bulog Sutarto Alimoeso ke kantornya. Bulog menjadi BUMN pertama yang dipanggil Rini. Kenapa?

"Bulog merupakan salah satu perusahaan pertama yang saya panggil. Karena Bulog satu instansi yang dapat mendukung program Bapak Presiden sehubungan dengan kedaulautan pangan," tutur Rini di kantor Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (31/10/2014).

Rini mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin meningkatkan kemakmuran para petani di dalam negeri. Menurut Jokowi, ujar RIni, pertanian adalah sektor yang bisa memberikan kesejahteraan dan kemakmuran bagi rakyat Indonesia.

"Untuk itu, kami me-review program-program Bulog. Karena Bulog ini memiliki lokasi tempat titik aktivitas yang cukup besar, 5.600 lokasi," jelasnya.

Rini mengatakan, pemerintahan baru ini ingin menjadikan Bulog sebagai perusahaan logistik yang bisa dimanfaatkan pemerintah dan masyarakat, untuk memperbaiki sistem perdagangan produk-produk pertanian.

"Oleh karenanya, saya minta mereka (Bulog) membuat beberapa kajian. Salah satu programnya adalah, apakah Bulog bisa menjadi perusahaan yang dapat membeli produk-produk pertanian dengan harga yang memadai," papar Rini.

Yang dimaksud sebagai harga memadai ini, ujar Rini, adalah petani mendapatkan untung yang sesuai dengan harga produksinya. Sehingga petani semangat untuk bercocok tanam, dan keuntungan hasil taninya bisa untuk menghidupi usaha mereka dalam beberapa bulan, hingga panen.

"Seumpamanya, cabai mungkin 4 bulan panennya. Nah, setelah panen mereka mengharapkan waktu mereka menjual panennya, mereka dapat keuntungan yang cukup untuk menghidupkan mereka selama 4 bulan kemudian," jelas Rini.

"Langkah ini yang saya minta dilakukan kajian oleh direksi Bulog mengenai beberapa bahan baku seperti gula, cabai, beras, dan bawang merah," kata Rini.
(dnl/ang)

http://finance.detik.com/read/2014/10/31/100336/2735182/4/jokowi-ingin-kedaulatan-pangan-rini-soemarno-panggil-bos-bulog?f9911013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar