Senin, 14 November 2016

Bulog Sultra Siap Tampung Produksi Jagung Petani Lokal

Minggu, 13 November 2016

Kabarkendari.com- Perjuangan petani jagung di Sulawesi Tenggara dalam memperoleh panen jagung berlimpah kini tidak sia-sia. Pasalnya, Divisi Regional Badan Urusan Logistik (Bulog) Sulawesi Tenggara telah menyatakan siap menampung jagung hibrida produksi petani lokal.

“Sekarang Bulog siap menampung jagung hibrida yang ada di seluruh Sultra,” kata Kepala Divre Bulog Sultra, La Ode Amijaya Kamaluddin, Minggu 13 November 2016. Pihak Bulog sudah menginformasikan kepada perwakilan Bulog yang ada di daerah dan seluruh bupati, salah satunya yaitu Bupati Konawe Selatan.

Rencananya, jagung yang dibeli Bulog akan digunakan untuk pakan hewan ternak. Amijaya mengatakan, Indonesia masih kekurangan jagung sehingga terus menggenjot sektor pertanian jagung. Menurut dia, beberapa kabupaten/kota yang potensi pertanian yang besar yakni Kabupaten Buton, Muna, Muna Barat, Baubau, Kolaka Timur, Kolaka Utara dan Kabupaten Konawe Selatan.

Tujuh kabupaten tersebut kata Kadivre Bulog Sultra, sangatlah potensial untuk ditanami jagung, dan harapannya bisa meningkatkan pendapatan masyarakat. “Jadi Sultra harus fokus pada kekuatan pangan,” ujarnya.

Untuk diketahui, luas lahan sawah produksi di luar Jawa satu-satunya yang terbesar ada di Sulawesi Selatan. Namun akibat kepadatan penduduk yang naik setiap tahunnya, luas lahannya semakin tergerus.

Sultra memiliki prospek untuk mengalahkan Sulsel dalam jangka waktu lima tahun kedepan. Karena Sultra mempunyai lahan luas yang belum digarap. Dukungan pemerintah daerah sangatlah penting untuk memprogramkan setiap tahun 1.000 hektarare lahan ditanamkan jagung.

http://kabarkendari.com/bulog-sultra-tampung-produksi-jagung/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar