Rabu, 13 Agustus 2014

Lebih Sigap Impor Beras

Selasa, 12 Agustus 2014

Harga gabah yang berada di atas harga pembelian pemerintah (HPP) selalu menjadi kendala bagi Bulog untuk menyerap beras dalam negeri. Sepanjang Januari–Juni, harga rata-rata gabah kering panen di tingkat penggilingan Rp 4.287 per kilogram atau 27,9 persen di atas HPP. Rata-rata harga beras termurah di tingkat konsumen pada periode tersebut Rp 8.983 per kilogram atau 36,11 persen.

Meski demikian, Bulog mengungkapkan saat ini punya stok beras  sebanyak 1,902 juta ton. Stok tersebut cukup aman bagi kebutuhan beras murah untuk 7,7 bulan.

 Begitupun, pemerintah khawatir dan memutuskan  mengimpor beras sebanyak 50 ribu ton pada pertengahan tahun ini.  Impor beras tersebut diputuskan dalam rapat koordinasi terbatas pemerintah pada awal Juli. Beras akan diimpor dari Vietnam dan masuk ke Indonesia pada Juli hingga Agustus.

Keran impor beras dibuka pemerintah setelah Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan adanya potensi penurunan produksi karena banjir di awal tahun dan kekeringan di pertengahan tahun. Dalam angka ramalan I 2014, BPS menyatakan produksi beras akan mencapai 69,87 juta ton atau turun 1,98 persen dari tahun lalu sebanyak 71,28 juta ton. Perkiraan produksi itu lebih rendah 4,48 persen dibanding target produksi pemerin­tah 73 juta ton. Angka ramalan I diperoleh dari perhitungan produksi riil selama Januari-April ditambah dengan angka perkiraan Mei-Desember 2014.

Selain produksi yang diramalkan menurun, pengadaan beras Bulog di dalam negeri lebih ren­dah daripada tahun lalu. Data Bulog menyebutkan, pengadaan beras hingga 18 Juli mencapai 1,86 juta ton lebih rendah diban­ding periode yang sama pada tahun lalu sebanyak 2,42 juta ton. Meski demikian Bulog menilai  serapan itu sudah cukup besar mengingat produksi beras tahun ini diramal­kan turun, serta harga gabah dan beras jauh di atas harga pembelian peme­rintah (HPP).

 Untuk urusan impor beras pemerintah nampak sigap melakukan setelah BPS mengumumkan produksi gabah akan turun. Padahal impor beras bukanlah satu-satunya jalan. Upaya lain yang bisa dilakukan yakni menggenjot produksi beras nasional, menyediakan benih, pupuk, permodalan dan memberikan insentif lainnya kepada para petani. Sayangnya di tingkat lapang kita justru menemukan adanya kelangkaan pupuk yang belum terselesaikan.

http://tabloidsinartani.com/read-detail/read/lebih-sigap-impor-beras/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar